Jumat, 21 September 2018

Wabup buka MTQ Ke-XI Tingkat Kecamatan Singkut

Wakil Bupati Sarolangun menyampaikan sambutan pada pembukaan MTQ ke-XI tingkat Kecamatan Singkut
-------------------------------------------------------------------


SAROLANGUN MSM. COM -  Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke-XI Tingkat Kecamatan Singkut, Kamis (20/9) malam kemarin, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri,diLapangan Desa Argo Sari, Kecamatan Singkut.


Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua PKK Ny Hj Lili Suriani Badril, Anggota DPRD Sarolangun Azrai Wahab, Para Kepala OPD, Camat Singkut R A Fatimah, serta unsur Tripika Kecamatan Singkut,  para Kades dan Lurah Se Kecamatan Singkut, tokoh ulama, tokoh masyarakat, para kafilah serta ratusan masyarakat yang hadir menyaksikan pembukaan MTQ yang berlangsung meriah.

Camat Singkut RA Fatimah menyampaikan sambutan pada pembukaan MTQ ke-XI tingkat Kecamatan Singkut


Kepala Desa Argo Sari Suparji, selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan mulai tanggal 20 s./ d 22 September 2018, diikuti 12 Desa dan 1 Kelurahan, dengan jumlah peserta sebanyak 281 orang terdiri dari 116 laki-laki dan 178 perempuan dan 6 jumlah cabang MTQ yang diperlombakan, diantaranya Tilawah Qur'an, Hifdzil Qur'an,  Fahmil Qur'an, Syahril Qur'an, Khotil Qur'an, dan Barzanzi Marhaban.

"Kami harap MTQ ini bisa berjalan dengan baik hingga selesai, serta kami sangat berterima kasih kepada pihak kecamatan, para kades, masyarakat dan panitia pelaksana serta semua pihak yang telah membantu kegiataan ini, semoga apa yang dilakukan mendapatkan balasan dari Allah SWT," ujarnya

Camat Singkut RA Fatimah, dalam sambutannya mengatakan kegiatan MTQ Kecamatan ini diadakan setiap tahun secara bergiliran di setiap desa, tentunya diharapkan dengan adanya pagelaran MTQ ini bisa meningkatkan syiar agama dalam memberantas buta aksara alquran. "Pelaksanaan MTQ tidak akan mungkin terlaksana tanpa ada partisipasi semua pihak yang telah membantu," imbuhnya

Sementara itu Wakil Bupati Hillalatil Badri dalam arahannya mengatakan dengan pelaksanaan MTQ ini diharapkan dapat menjadikan alqur'an sebagai pedoman hidup bermasyarakat, dengan membaca, mengamalkan dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam alqur'an dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan.

"Alqur'an adalah kitab umat islam, dimana dengan membacanya kita mendapatkan pahala 10 kebaikan untuk satu hurufnya. Maka akan rugi jadinya jika alqur'an hanya dijadikan sebagai hiasan rak rak lemari," katanya.

Wabup juga mengatakan dengan pelaksanaan MTQ ini, juga bertujuan untuk mencetak para qori dan qoriah yang berkualitas untuk mewakili perlombaan MTQ ke tingkat yang lebih tinggi, baik Tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional.

"Saya harap agar seluruh peserta menjungjung tinggi sportifitas, dan para dewan juri untuk obyektif dalam memberikan penilaian, serta rangkaian kegiatan ini jangan dijadikan sebagai seremonial belaka tapi juga untuk meningkatkan ukhuwah islamiah serta dapat menjadi embrio dalam mendukung pelaksanaan sholat berjamaah di mesjid," katanya.


Kegiatan itu juga diselingi dengan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Hillalatil Badri dan Camat Singkut RA Fatimah sebagai tanda dibukanya MTQ yang ke-XI tingkat Kecamatan Singkut, Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum MTQ oleh Camat Singkut RA Fatimah Kepada Kades Argo Sari Suparji, pengibaran bendera MTQ yang dibarengi dengan suara emas paduan suara, serta defile kafilah MTQ, Aksi Drum Band dan letusan kembang api menambah meriahnya malam pembukaan MTQ tersebut.(RIP)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog