Rabu, 17 Oktober 2018

Warga Desa Sukamana Serbu Balai Desa Guna Minum Obat Kaki Gajah




MUSIRAWAS MSM. COM - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) bersama Dinas Kesehatan dan melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Umum Sementara Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Suku Tenggah Lakitan (STL) Ulu Terawas.

Guna mengurangi peredaran penyakit kaki gajah bagi masyarakat Desa khususnya wilayah Kecamatan Terawas dan sekitarnya.

Maka dari itu Dinas Kesehatan di bawah pimpinan Drg Hj Mipta Hulummi M Kes bersama UPT Puskesmas Stl Ulu Terawas Turyana M Kes pada hari ini Rabu (17/10) mengelar pencanangan minum obat kaki gaja secara serentak tingkat Kecamatan di Desa Sukamana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat STL Ulu Terawas Saparudin Husein,Perwakilan dari Dinas Kesehatan ,Kepala Upt Puskesmas Turyana,toko masyarakat,toko agama,prangkat Desa dan seluruh warga masyarakat Desa Sukamana.

UPT Puskesmas Terawas Turyana M Kes mengatakan sebenarnya kegiatan Louncing Pencanangan minum obat pil kaki gajah ini bukan hanya dalam tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada Desa Sukamana saja ,namun sudah dari kemarin kami pihak UPT Puskemas Stl Ulu Terawas telah membagikan beberapa obat pil kaki gajah di setiap tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ,Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga tingkat Sekolah Dasar (SD) .

" Na pada hari ini kami UPT Puskemas Terawas mengelar minum obat pil kaki gajah secara serentak di tahun yang ke empat ini,dalam tingkat Kecamatan Terawas di adakan pada Desa Sukamana selaku tuan Rumah," Kata Turyana.

Turyana menejelaskan ,penyakit kaki gajah sangat cepat sekali menular,seperti dari gigitan nyamuk ,cacing itu nanti akan mengakibatkan terkena penyakit kaki gajah.

Sedangkan untuk di Kecamatan STL Ulu Terawas ini yang sudah terkena penyakit kaki gajah dan mengqkibatkan meningal dunia tidak lain warga Desa Sukamana sendiri,dan yang kami temukan kaksus ini ada juga di Desa Sumber Karya.

Dampak dari minum obat pil kaki gajah ini pertama mual,ngantuk itu menyatakan bahwa sudah ada indikasi akan terkena penyakit kaki gajah.

" Yang di perbolehkan minum obat pil kaki gajah mulai umur dua tahun hingga 70 tahun , tidak di perbolehkan bagi ibuk hamil dan penyakit Lipertensi (Penyakit tanggungan),"Jelas Turyana.

Camat STL) Ulu Terawas Saparudin Husein menyampaikan kepada masyarakat hahwa pencanangan minum obat kaki gajah ini,sangat penting karena akibat dari penyakit itu dampaknya kaki akan bengkak.

Dan susah dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari ,selanjutnya akan mengakibatkan meninggal dunia.

" Maka dari itu lebih saya selaku camat berpesan kepada masyarakat lebih baik mencegah dari pada mengobati,dengan besar
harapan kedepan nanti se kecamatan tidak masyarakat yang terkenah penyakit kaki gajah ," Harap Camat.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Desa Sukaman Roma Irama mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bapak Camat bersama KUPT Puskesmas STL Ulu Terawas yang telah menunjukan Desa Sukamana selaku tuan rumah dalam kegiatan pencanangan minum obat pil kaki gajah.

Selain dari pada itu saya selaku pemerintah desa juga syukur alhamdulillah dalam acara kegiatan ini masyarakat Desa Sukamana telah berkenan hadir ,untuk mengikuti minum obat pil kaki gajah.

" Karena kesehatan itu sangat mahal harganya,oleh sebab itu lebih baik mencegah dari pada mengobati ," Ucap Kades.(zul)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog