Kamis, 08 November 2018

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif



MURATARA MSM.COM – Menghadapi pesta demokrasi ditahun 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas Utara menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu partisipatif.

Sosialisasi yang digelar pada Kamis (8/11) berlangsung di Aula Siti Rahma Rumah Makan (RM) Sederhana Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit. Hadir ketua Bawaslu Muratara Munawir, M. Ali Asek, Kesbangpol, Polres, Kejaksaan, para pelajar dan masyarakat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara Munawir menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan pihaknya merupakan bentuk persiapan menghadapi Pemilihan Umum pada tahun 2019.

Ada dua kategori yang menjadi pengawasan pada pesta demokrasi tahun depan, yakni pengawasan Pilpres dan Legislatif yang dilaksanakan berbarengan pada bulan April 2019 mendatang.

“Untuk itu, persiapan – persiapan terus kita laksanakan termasuk pada hari ini untuk mengupas hal – hal yang berkaitan dengan pemilu khususnya di Kabupaten Musi Rawas Utara” papar Munawir.

Ditambahkannya, mengingat wilayah Kabupaten Muratara yang cukup luas terdiri dari 82 desa, diperlukan partisipasi dari masyarakat, termasuk tokoh pemuda, tokoh agama untuk ikut membantu pengawasan jalannya Pilpres dan Pileg. Tentunya saja pengawas utamanya tetap Bawaslu.

“Kami mengajak pelajar untuk menjadi pengawas pemilu partisipatif dan perlu diketahui bahwa Lembaga Pemilu terdiri dari Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bawaslu Yopi Rendri dalam lamporannya menyampaikan tujuan digelarnya sosialisasi adalah untuk meningkatkan pengawasan dari para siswa dan masyarakat. (MJ).
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog