Senin, 19 November 2018

Bhabinkamtibmas Ulu Rawas Rutin Sambangi Desa Sampaikan Pesan Kamtibnas






ULURAWAS MSM. COM-Bhabinkamtibmas Ulu Rawas, Aiptu Anton Andriono rutin menyambangi desa dalam upaya preventif mencegah tindak kejahatan di wilayah hukum Kecamatan Ulu Rawas.

Hal ini dapat terlihat dalam beberapa hari yang lalu, Aiptu Anton Andriono mengecek keberadaan siskamling di desa Napalicin dan juga anjang sana di desa Sosokan begitu juga hadir dalam kegiatan pengajian Akbar bersama Camat Ulu Rawas, Mukhtaredi dalam mendampingi kehadiran ustad kondang Zamzami dari Kota Lubuklinggau.

"Kegiatan sambang desa ini rutin saya lakukan, untuk bercengkrama dengan warga pentingnya menjaga Kamtibmas,"utaranya Jumat (16/11)

Sambung Aiptu Anton Andriono, saat bercengkerama dengan warga dan kepala desa serta perangkat desanya selalu disampaikan pengaktifan kembali siskampling di setiap desa.

Dikatakannya pentingnya siskampling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengutamakann upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman gangguan Kamtibmas.

Lanjutnya kesadaran masyarakat akan pentingnya di bidang keamanan dan ketertiban sangat perlu  guna menumbuhkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di setiap lingkungan desa.

"Siskamling merupakansalah satu model polisi masyarakat,  menciptakan keamanan dan ketertiban setiap waktu dengan asas gotong royong, jadi ini penting karena gotong royong warisan luhur kita,"ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam pengaktifan siskampling, selain jaga di pos dia mengajak warga juga untuk berkeliling desa dalam menjaga keamanan desa.

Bentuknya, dalam penjagaan pos dijaga beberapa orang dan bergiliran yang lain menjaga keamanan desa dengan berkeliling rumah warga. Sehingga cepat terpantau apabila ada kegiatan yang mencurigakan.

"Kalau sudah terpantau tentunya pihak kepolisian juga dapat siap bergerak seketika mendapat informasi gangguan-gangguan keamanan, saya selalu titipkan nomor handphone agar mereka bisa cepat koordinasi dengan saya,"katanya.

Selain siskamling, Aiptu Anton Andriono selalu menyampaikan pesan -pesan kepada warga untuk menjaga keluarga dari tindak kejahatan yang bisa merusak diri sendiri dan nama baik keluarga.

Dia menyampaikan isi kegiatan positif, jauhi penggunaan narkoba, minuman keras yang dapat memancing tindak kejahatan lainnnya.

"Kepada anak-anak muda saya sampaikan seperti itu, mereka komunikatif Alhamdulillah kegiatan mereka diisi dengan berolahraga,"utaranya.

Sementara itu Camat Ulu Rawas, Mukhtaredi menyampaikan respon positif karena babinkamtibmas Ulu Rawas aktif dalam berbagai kegiatan dan anjang sana.

Dia menyampaikan sangat betul peran keamanan dimulai dari warga agar mencitapkan suasana kondusif di Kecamatan Ulu Rawas.

"Alhamdulillah kita selalu komunikasi antar unsur Tripika dalam menjalankan tugas, saya juga diberbagai kesempatan selalu menyampaikan jaga keamanan lingkungan, isi kegiatan yang positif dengan semangat gotong royong,"ajaknya.(ZIL)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog