Jumat, 23 November 2018

Camat Nilai Pengawasan Partisipatif Jadikan Masyarakat Cerdas Memilih




ULU RAWAS MSM. COM- Camat Ulu Rawas, Mukhtaredi mendukung kegiatan sosialisasi pengawasan partisipasi pemilu 2019 yang digelar Panwaslu Kecamatan Ulu Rawas bertempat di aula Kantor Camat Ulu Rawas, Kamis (22/11)

Menurut Mukhtaredi dengan adanya sosialisasi ini tentunya dapat meningkatkan jumlah masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pileg 2019 dan Pilpres 2019 ini nanti.

Mengapa begitu? Sebab partisipatif masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan pemilu menjadikan masyarakat peka dalam menggunakan hak pilih.

Masyarakat menurutnya dapat memilih betul siapa calon legislatif maupun presiden yang layak untuk dipilih kedepannya.

Dikatakan Mukhtaredi,  Membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat tersebut merupakan kunci berhasil terselenggaranya pileg dan pilpres khususnya di Kecamatan Ulu Rawas.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2019 ini, sebagai wujud terselenggaranya masyarakat yang demokratis di Kecamatan Ulu Rawas.

Lanjut Mukhtaredi, dengan pemilu 2019 ini dia mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan antar warga. Meskipun beda pilihan tali silaturrahmi tetap dijaga.

"Persatuan kita tetap kita jaga, meski di tahun pemilu ini,"utaranya.

Mukhtaredi yakin kondusifitas keamanan di kecamatan Ulu Rawas tetap terjaga selama tahapan pemilu 2019 ini.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Ulu Rawas, Meri Handi dalam paparan materi menyampaikan, pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.

Dikatakannya, untuk setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat secara aktif memiliki jalur langsung dengan pihak berwenang baik kepolisian maupun Panwas itu sendiri agar laporannya segera ditindak lanjuti.

"Jalur langsung dimaksud dapat memanfaatkan sistem komunikasi dan informasi agar efektif dan efisien," terang Meri Handi.(ZIL)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog