Sabtu, 23 Maret 2019

Teken MoU, 3 Prodi Unmura Akan Dibuka di Muratara



MURATARA MSM.COM- Bupati Muratara HM Syarif Hidayat melakukan penandantanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Rektor Universitas Musi Rawas (Unmura) Prof Ir H Fahrurrozie Sjarkowi. Jumat (22/3).

Penandatanganan MoU menandai terjalinnya kerjasama antara Pemkab Muratara dengan Unmura di bidang pendidikan. Dengan adanya kerjasama ini, nantinya Unmura akan membuka kampus di Bumi Beselang Serundingan.

Acara yang berlangsung di ruang rapat Lantai 2 Setda Muratara, dihadiri Pj Sekda Muratara H Zainal Arifin, Asisten III Sudartoni, Ketua Dewan Pendidikan H Abdullah Makcik, dan seluruh kepala OPD Kabupaten Muratara.

HM Syarif Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Muratara merupakan kabupaten yang kaya. Dimana hampir semua sumber daya alam ada di Kabupaten Muratara seperti emas, batu bara, migas dan lainnya. Tapi sayangnya, untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, tidak sedikit yang harus ke luar kota bahkan hingga keluar provinsi karena belum adanya universitas di Bumi Beselang Serundingan.

"Saat saya bertandang ke Sarolangun Jambi. Wakil Bupati Sarolangun menyampaikan ucapan terima kasih kepada saya karena di Sarolangun banyak sekali mahasiswa dari Muratara., rasanya bagaimana mendengar hal seperti itu. Dari itulah kita tekadkan harus ada universitas di Muratara" kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, sudah sejak lama keinginan dan wacana yang menjalin kerjasama dengan Unmura. Bahkan sudah beberapa kali berbincang - bincang dengan rektor Unmur untuk menempatkan Unmura di Muratara. Namun, wacana tersebut sempat beberapa kali terkendala.

"Dan beruntung wacana tersebut kali ini tercapai, diharapkan dengan keberadaan Unmura di muratara mampu meningkatkan IPM Muratara sehingga kedepannya sumberdaya alam muratara mampu dikelola dengan baik oleh masyarakat Muratara sendiri " tambah bupati

Sementara itu, rektor Unmura Prof Ir Hj Fahrurrozie Sjarkowie memberikan apresiasi dan mengungkapkan rasa bangganya dengan terjalinnya kerjasama dengan Pemkab Muratara. Artinya, Unmura kedepan dapat mengembangkan sayapnya tidak hanya di Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau saja.

"Bak payung bersambut, kami ingin mengembangkan kampus Unmura dan Muratara mengingin adanya universitas. Atas dasar itu maka dilakukan penandatanganan MoU untuk menempatkan Universitas Unmura di Kabupaten Muratara" ungkapnya.

Ia memaparkan, akan ada tiga prodi yang akan di buka, yaitu agrobisnis, peternakan dan administrasi publik. Sementara untuk kampusnya sendiri akan menggunakan lokal di sekolah Bina Satria Rupit.

"Untuk mahasiswa dari Kabupaten Muratara yang tahun ini mendaftar ke Unmura lokal Musi Rawas, akan kita alihkan ke lokal yang ada di Muratara" ujarnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog