Jumat, 12 April 2019

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Rakor Pengembangan Perpustakaan. Bupati Muratara Berikan Apresiasi




LUBUKLINGGAU MSM.COM - Bupati Muratara HM Syarif Hidayat melalui Plh. Asisten I Aan Andrian membuka secara resmi rapat koordinasi pengembangan Perpustakaan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muratara, di Hotel Abadi Lubuklinggau, Jum'at (12/4).

Selain Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muratara Hj Herawati, hadir pula Kepala Dinas Kearsipan Kota Lubuklinggau, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.



Dalam laporannya, Hj Herawati memaparkan tujuan dari kegiatan rakor diantaranya untuk pembinaan dalam upaya peningkatan pelayanan perpustakaan mulai dari tingkat desa, kelurahan hingga tingkat kecamatan serta rumah ibadah.

Tujuan berikutnya, untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam pengelolaan perpustakaan masyarakat, taman bacaan serta perpustakaan di rumah ibadah dan sejenisnya .



Dengan adanya rakor pengembangan perpustakaan ini, sambungnya, diharapkan terjalinnya koordinasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan berbagai perpustakaan yang ada di Bumi Beselang Serundingan. Termasuk didalamnya perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, kelurahan dan rumah ibadah.

Dengan terjalinnya koordinasi, dapat menumbuhkan minat baca ditengah masyarakat untuk menuju Indonesia Gemar Membaca. Selain itu, meningkatkan peran perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca bagi siswa .



"Terwujudnya koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan pengembangan perpustakaan prioritas tahun 2019 diantara seluruh pemangku kepentingan perpustakaan" tegasnya.

Sementara itu, Bupati Muratara melalui Plh. Asisten I Aan Andrian, atas nama pribadi dan Pemkab Muratara memberikan apresiasi atas sinergitas dan kekompakan yang dibangun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sehingga terselenggara kegiatan rakor pengembangan perpustakaan guna menambah wawasan tentang perpustakaan dan diharapkan nantinya dapat diterapkan pada perpustakaan masing - masing.



Diungkapkannya, upaya peningkatan dan pengembangan perpustakaan tingkat Kabupaten Muratara pada kenyataannya tidaklah mudah. Untuk itu penyebarluasan informasi tentang perpustakaan melalui rakor ini sangatlah penting dalam meningkatkan pengetahuan dibidangperpustakaan dengan tujuan meningkatkan kualitas perpustakaan secara optimal.

Untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan di Kabupaten Muratara, diawali dengan pembinaan mulai dari tingkat desa, kecamatan, rumah ibadah dan sekolah. Dalam upaya tersebut, tidak bisa hanya membebankan pada satu instansi saja melain tugas bersama.

Atas terjalinnya koordinasi dengan berbagai perpustakaan. Termasuk didalamnya perpustakaan sekolah, desa dan kelurahan serta perpustakaan rumah ibadah. Diharapkan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat. Pemkab Muratara sangat mendukung upaya tersebut.

"Jadikan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang nantinya dapat disebarluaskan kepada orang banyak. Semoga sinergitas dalam upaya peningkatan kualitas perpustakaan akan mendapatkan hasil sesuai yang harapan kita bersama" tutupnya. (MJ/ADV)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog