02 September 2019

Mengusung Motto Beriman. Ini Visi - Misi dan Arah Pembangunan Desa Cakades Sukomoro Abdullah.B



MURATARA MSM.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten  Muratara tinggal menghitung minggu.

Dari lima calon Kepala Desa yang akan bertarung, Abdullah. B merupakan Cakades yang mengusung motto BERIMAN (Bersih, Rapih, Indah, Makmur dan Aman).

Lalu apa Visi, Misi dan Arah Pembangunan Desa Sukomoro, jika ia terpilih memimpin Desa Sukomoro?

Kepada www.mediasinarmuratara.com, Abdullah.B secara khusus memaparkan Visi - Misi dan Arah Pembangunan Desa.


VISI adalah sebuah cita-cita atau suatu angan-angan yang  luhur sebagai arah atau tujuan bersama yang berlandaskan pada kondisi dan potensi serta tantangan kedepan yang akan dihadapi oleh masyarakat desa serta memperhatikan visi daerah kabupaten Muratara dan rencana kerja kecamatan Rawas Ulu. Maka, visi pembangunan desa Sukomoro adalah " Desa sukomoro yang Bersih,Rapi,Indah,Makmur dan Aman (BERIMAN).

Desa Sukomoro yang bersih. Memiliki arti bahwa setiap tingkatan pemerintah Desa dan masyarakat harus berhati suci dan mulia sehingga tercipta kerjasama yang baik didalam melayani dan dilayani sehingga tercipta suasana yang harmonis dan tentram untuk menuju lingkungan relatip lebih baik yang ditandai oleh peranserta masyarakat secara nyata dalam segala aspek kehidupan baik ekonomi,sosial,politik,keamanan dan ketertiban serta keterampilan, karena kebersihan pangkal dari iman.

Desa Sukomoro yang rapih memiliki arti segi tatanan pelayanan terhadap masyarakat harus dioptimalkan ketersediaan administrasi desa yang baik dan ketersediaan sumberdaya manusia yang berkualitas, kemampuan aparatur desa yang baik dan bertanggung jawab terhadap tugas dan pungsinya masing masing.berkembangnya sumberdaya desa yang ada dengan tidak bergantung kepada sumberdaya dari derah lain.serta mampu membangun jaringan kerjasama dengan pemerintah daerah dan swasta untuk peningkatan kemampuan desa serta menuju kehidupan yang berbudaya serta beradap untuk menuju keindahan  yang nyata bagi seluruh masyarakat.

Desa Sukomoro yang indah. Memiliki arti bahwa prinsip keindahan harus menjadi landasan sekaligus tujuan utama dari pelaksanaan pembangunan di Desa. Sehingga setiap kegiatan dan output dari pelaksanaan pembangunan harus dapat menciptakan masyarakat desa sukomoro yang makmur dan sejahtera.

Desa Sukomoro yang makmur.memiliki arti yang ditandai dengan peningkatan pendapatan baik masyarakat maupun pemerintah desa.sehingga terlihat pada tingkat pendidikan masyarakat semakin tinggi,tarap kehidupan masyarakat yang baik.sapa dan menjaga kenyamanan tamu tersebut,sehingga didesa tercipta lapangan kerja dan mengurangi pengangguran yang ada serta meningkatkan keamanan dengan cara mengaktipkan Linmas yang ada serta bekerja sama dengan pihak yang terkait sehingga masyarakat melakukan aktipitas sehari hari tidak merasa takut terutama dalam lingkungannya.

MISI yang diemban oleh Desa Sukomoro untuk mewujudkan visi atau kehendak luhur dari seluruh masyarakat desa adalah:

1.Mewujudkan pemerataan pembangunan disemua segi.

2.Mewujudkan peningkatan kapasitas masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan agar suberdaya manusia lebih meningkat supaya agar dapat memanpaatkan SDA lebih maksimal.

3.Mewujudkan pembangunan untuk membuka seluruh akses akses ekonomi baik pembangunan sarana prasarana maupun modal usaha dan keterampilan .

4.Meningkatkan mutu dan mengembangkan usaha kecil Menengah (UKM) yang ada.

5.Menggali dam Menggarap sumber daya alam (SDA).

STRATEGI PEMBANGUNAN DESA.
Untuk mencapai visi"Desa Sukomoro yang bersih,Rapu,Indah,Makmur dan amanah"

Maka strategi pembangunan jangka menengah (RPJM-Des) selama 5 tahun adalah sebagai berikut.

1.Meningkatkan Kualitas SDM
SDM yang berkualitas dapat diukur dengan naiknya angka indek pembanunan manusia dapat tercermin dari ,pendidikan,kesehatan,dan daya beli,kesemua itu diawali dari kesadaran .yakni sadar akan pentingnya pendidikan,sadar akan pentingnya kesehatan.

a.peningkatan akses pendidikan .
Untuk mewujudkan agar tingkat pendidikan masyarakat meningkat maka yang perlu dilakukan adalah cara meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dari mulai sejak usia dini yaitu TK,SD dan sarana pendidikan agama.Disamping sarana dan prasarana tenaga pengajar juga perlu diperhatikan kesejahteraannya dan ini merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat desa.

b.Peningkatan kualitas kesehatan.
Upaya mencapai keberhasilan pembanunan manusia seutuhnya adalah terciptanya masyarakat yang sehat baik pisik maupun mental ,untuk mewujudkan hal tersebut setidaknya yaitu perlu direncanakan oleh RPJM-Des ini adalah:tersedianya air bersih,terciptanya  linkungan yang bersih (sanitasi dan pembuangan air limbah lancar).fasilitas pelayanan kesehatan cukup (posyandu,Bidan dan obat obatan tersedia).peningkatan pengetahuan tentang Gizi dan pola hidup sehat melalui pelatihan dan penyuluhan berjalan dengan baik.

2.Terbangunnya struktur ekonomi yang kokoh.
Untuk mewujudkan struktur ekonomi yang kokoh adalah dengan cara mengoptimalkan seluruh kemampuan yang ada baik SDA maupun SDM yang ada didesa ,jika hal ini dilakukan maka akan tumbuh menjadi desa yang multi komoditas,hal ini dapat dilakukan dengan cara:

a Memanpaatkan seluruh tanah yang masih belum produktip dengan semaksimal mungkin.

b.Merubah pola pertanian yang tradisional kepola yang lebih baik (intensif) agar dapat memaksimalkan hasil.

c.Membuka seluruh akses ekonomi dengan membuka dan perbaikan jalan yang menuju lahan lahan produktip.

d.Meningkatkan kapasitas SDM agar mampu menumbuhkan potensi lain berupa jasa keterampilan seperti bengkel,menjahit dll.sesuai dengan potensi yang ada.

e.membuka akses permodalan ,seperti lumbung Desa Koperasi,BUMDES dan UKM.
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog