12 September 2019

Peringatan HAN di Kabupaten Muratara Berlangsung Meriah



MURATARA MSM.COM - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 yang mengusung tema "Tingkatkan Peran Serta Keluarga, Masyarakat Dalam Perlindungan Anak" di Kabupaten Muratara berlangsung meriah, Kamis (12/9).

Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika Syarif menjelaskan, peringatan HAN Nasional sendiri jatuh pada 23 Juli 2019 lalu. HAN dimaknai sebagai upaya perlindungan anak Indonesia untuk tumbuh kembang dan dapat membangun bangsa.



Untuk itu, dibutuhkan peran aktif keluarga dan masyarakat serta mendorong pemerintah Kabupaten untuk peduli terhadap anak. Kepedulian Pemkab terhadap anak telah mendapatkan penghargaan.


Dikatakan istri orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini, agar anak tumbuh menjadi anak yang bermanfaat. Anak harus dibekali dengan pendidikan, keagamaan dan kemasyarakatan.


Selain itu, berikan kasing sayang kepada anak dengan sepenuh hati. Jangan melakukan kekerasan terhadap anak, baik fisik, sosial mapun mental. "Anak - anak sudah dilindungi undang - undang. Jangan perlakukan anak dengan keras" pesannya.


Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat menegaskan, kemajuan bangsa ditentukan oleh anak - anak dan pemuda. Untuk itu, peringatan HAN ini, hendaknya dijadikan momentum bagi orang tua  anak - anak dalam berkarya.



"Muratara telah memenuhi pelayanan, baik kesehatan kepada anak anak, sosial dan lainnya. Ini perlu disampaikan, tugas ini bersama masyarakat,"katanya

Sambungnya, atas keseriusan ini, Kabupaten Muratara mendapatkan penghargaan Kabupaten layak anak Pratama. Dengan perhargaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja semakin baik.

Bupati mengatakan, di Muratara sudah ada forum anak, sebagai wadah bagi anak anak dalam berkarya dan berkreasi. Berkenaan dengan itu sesuai dengan aturan, anak anak berhak mendapatkan hak haknya.



"Hak tumbuh kembang, hak sosial, dan hak berkreasi. Anak perlu kita lindungi. Orang tua dan guru, anak anak harus kita didik dengan baik. Mudah - mudahan anak - anak kita tumbuh menjadi SDM yang handal. Kabupaten kabupaten ini bergantung dengan generasi penerus,"pesannya.


Sementara itu, dalam sambutannya kepala DPMD - P3A, Hj Gustri Rohmani menjelaskan, sebelum puncak peringatan HAN, telah digelar berbagai perlombaan. Diantaranya tari, nyanyi, muratal Quran, melukis dan pencak silat.

Perlombaan yang dilakukan, secara langsung sebagai ajang pencarian anak - anak yang memiliki bakat. Agar kedepan


Perlombaanpun,lanjutnya kedepannya pemerintah tidak perlu lagi repot repot mencarikan anak anak Muratara yang memiliki bakat. Artinya secara langsung pada hari ini kita mencari anak anak yang punya bakat.

Ia mengatakan di hari ini juga pemenang lomba peringatan HAN akan di umumkan. Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta

"Sebagai pemicu anak anak. Agar lebih bersemangat dalam mengalih kemampuan, potensi diri, sehingga bisa menjadi anak yang berguna


Sebelum pembukaan kegiatan, ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif ditemani Kepala DPMD & P3A Hj Gusti Rohmani membawakan lagu daerah bagi anak anak. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog