01 Oktober 2019

Tinjau Lahan Lokasi Program Serasi Di Desa Remban. Ini Kata Kepala Dinas Pertanian !



MURATARA MSM.COM - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muratara, Ir Suhardiman. Didampingi Kabid Sarana dan Prasarana, Ade Meri. Kabid TPH TPH Basri dan Kassubag Perencanaan, Dedi serta  Kasi Lahan dan Irigasi, Junaidi. Meninjau kegiatan optimalisasi lahan dalam mendukung program Selamatkan Rawas Sejahterahkan Petani (Serasi) di Desa Remban Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (1/10).


Disela sela kunjungannya, Ir Suhardiman mengatakan, Desa Remban merupakan salah satu lokasi titik dari program Serasi di Kecamatan Rawas Ulu. Target yang dipatok dalam program Serasi di Desa Remban seluas 100 hektar. Pekerjaan yang sedang dikerjakan saat ini, berupa pembuatan saluran air. Setelah pekerjaan ini selesai, dilanjutkan dengan pembuatan pintu air serta box air.


"Target dari kegiatan Serasi ini adalah sekitar 1.000 hektar, yang tersebar di 3 Kecamatan. Dengan rincian Desa Pauh Kecamatan Rawas Ilir seluas 400 hektar, Desa Batu Kucing 145 hektar, Bingin Rupit 25 Hektar. Desa Remban 100 hektar dan Lubuk Kemang 45 hektar. Dana kegiatan ini bersumber dari Kementerian Pertanian" papar Suhardiman.


Ia memaparkan, tujuan dari kegiatan program Serasi adalah untuk meningkatkan pemanfaatan lahan dan rawas. Dimana selama ini sulit untuk ditanam dua kali. Diharapkan dengan adanya program ini, nantinya masyarakat, khususnya petani bisa melakukan tanam dua kali dalam setahun.


Dipaparnya lebih jauh, faktor penghambat lainnya bagi petani selama ini untuk menanam dua kali dalam setahun disebabkan jika musim hujan air sulit untuk dialirkan ke luar. Sementara, jika musim kemarau lahan menjadi kering dan sulit mendapatkan air. Dengan adanya saluran dan pintu air serta box air, merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut.


Wan Heri, salah seorang warga Desa Remban mengaku sangat berterima kasih dengan Pemkab Muratara, khususnya kepada Dinas Pertan. Sebab, dengan adanya program Serasi ini, mereka sangat terbantu.

"Program Serasi ini sangat membantu kami dan sangat menguntungkan. Dimana biasanya kami bercocok tanam, khususnya padi hanya sekali dalam setahun. Kini, dengan program ini kami bisa menanam dua kali dalam satu tahun" tuturnya.

Usai meninjau desa Remban. Kepala Dinas Pertanian dan rombongan selanjutnya meninjau pembangunan Dam di Desa Lesung Batu. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog