Friday, November 15, 2019

Tertarik Keberhasilan Petani Cabai di Tirtosari. 30 Petani Muratara Kunjungi Banyuasin




MURATARA MSM.COM - 30 orang peserta pelaku agribisnis cabai yang berasal dari tiga kecamatan dalam Kabupaten Muratara. Mengunjungi Desa Tirtosari Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.


Kunjungan pelaku agribinis cabai asal Kabupaten Muratara ke Desa Tirtosari, lantaran keberhasilan petani di Kabupaten Banyuasin dalam menanam cabai sekaligus untuk melihat proses budidaya tanaman cabai petani yang telah menggunakan teknologi mulsa.




Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, Ir Suhadriman MSi melalui Kasi Lahan dan Irigasi, Junaidi Burdadi SP menjelaskan, 30 orang tersebut, berasal dari pelaku agribisnis cabai dari Kecamatan Nibung, Kecamatan Rawas Ulu dan Kecamatan Rupit.


"Mereka telah dilatih di Kecamatan Banyuasin III dan Kecamatan Banyuasin I selama tiga hari," jelasnya, Rabu (13/11).




Ia mengharapkan, adanya pelatihan akan menambah wawasan petani cabai asal Muratara untuk lebih baik dalam tatacara agribisni. Mulai dari bercocok tanam, hingga pemasasan. Kebetulan di Kabupaten Banyuasin sudah terdapat pasar lelang cabai.


"Untuk pemasaran dan peluang pasar cocok ditiru. Kemudian petani cabai Muratara dapat mencontoh pembuatan kawasan penanaman cabai, seperti yang terdapat di Desa Tirtosari Kecamatan Banyuasin I," beber dia.




Dia menyebut, kawasan cabai Tirtosari layak dicontoh. Sebab dulu merupakan kebun karet, bahkan baru tiga tahun namun dibongkar petani untuk menanam cabai. "Mudah-mudahan petani Muratara dapat  membuat kawasan hortikultura tanaman pangan sehingga tidak tergantung tanaman karet," harap dia.



Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin Zainudin SP MSi menyatakan, menyambut baik kunjungan petani cabai asal Muratara di Bumi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin. "Ini membanggakan bagi petani di Banyuasin, silahkan adopsi teknologi dan pemasaran pertanian yang layak diterapkan," kata dia.(MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive