Tuesday, March 17, 2020

H2G Pimpin Apel Siapsiaga Bencana Covid-19 (Corona)





MUSIRAWAS MSM.COM-Mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan, meminta Aparatur Sipil Negara atau ASN selaku ujung tombak pemerintahan, menjadi garda terdepan memberi penyuluhan kepada masyarakat.


Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan, saat memimpin apel bersama dan kesiapsiagaan tanggap darurat Covid-19, di Lapangan Taman Beregam, Muara Beliti, Senin (16/3/2020), kendati di Kabupaten Musirawas sampai kini belum ada kasus virus corona, namun hendaknya selalu siaga menghindari penyebarannya.


"Sebelum virus ini menyebar khususnya di Musirawas, saya minta kita semua, bukan cuma jajaran OPD kesehatan saja, terus sosialisasi ke masyarakat," tegasnya. "Bekali masyarakat dengan pengetahuan, agar mereka tidak panik, dan siap serta tahu tentang virus corona, sehingga bisa menjaga diri dari penyebarannya."


Salahsatu cara menghindari penyebaran virus corona, kata dia, hati-hati dalam bertransaksi atau menyentuh benda yang sering disentuh orang lain. Hindari kontak fisik secara langsung dengan orang lain, seperti bersalaman, berpelukan, dan kontak fisik lainnya yang sudah membudaya di masyarakat.


"Jadi, masyarakat diharapkan jangan berkecil hati kalau tidak bersalaman dengan bupati, dengan pejabat," katanya. "Ini salahsatu langkah antisipasi kita mencegah penyebaran Virus Corona."
Selain itu, bupati mengingatkan masyarakat senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti membiasakan cuci tangan pakai sabun. Apalagi selama empat tahun ini, melalui program Gerakan Musirawas Sempurna Sehat, dan Gerakan Musirawas Sempurna Cerdas, diajarkan cara hidup bersih kepada anak-anak.


"Anak-anak sudah paham cara cuci tangan yang benar. Nah kita orang tua juga harus paham, apalagi ASN harus paham caranya," ujar Bupati. "Kepada seluruh kantor OPD, sediakan hand sanitizier. Siapkan antiseptic yang dapat digunakan membersihkan tangan para ASN di kantor masing-masing." (Leo Hs)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive