Tuesday, March 3, 2020

PWI Muratara Gelar Orientasi Jurnalistik






MURATARA MSM.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muratara, menggelar Orientasi Jurnalistik. Orientasi diikuti 19 wartawan, ditambah 2 orang wartawan peningkatan status, dari berbagai media massa di Bumi Beselang Serundingan.


Orientasi Jurnalistik yang digelar di lantai 2 Setda Muratara mengusung tema "Menciptakan Jurnalistik yang Berkualitas, Profesional dan Berintegritas", Selasa (3/3). Dihadiri oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat.


Ketua DPRD Kabupaten Muratara, Efriansyah. Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, Kepala Diskominfo, Alha Warizmi, Kepala Lapas Surulangun Rawas, Indra Yudha, Wakapolres, Josi, dan Plt. Ketua PWI Muratara Marwan Azhari.



Dalam sambutannya, Marwan menyebut, orientasi jurnalistik merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Muratara. Ucapan terima kasih ia sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan.


"19 orang jurnalis merupakan wartawan asli dari Kabupaten Muratara. Orientasi ini merupakan moment  penting bagi kita di Muratara. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung" ucap Marwan.



Dirinya berharap, jurnalis yang mengikuti orientasi, dapat memahami tentang Undang - Undang (UU) dan kode etik. Selain dapat menambah ilmu dibidang jurnalistik.


Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar mengatakan, kedatangannya kali ini ke Muratara, merupakan kunjungan yang pertama. Tujuan orientasi sendiri untuk merekrut anggota sekaligus peningkatan kualitas para jurnalis, khususnya yang bertugas di Kabupaten Muratara.

"Tujuan dalam membuat berikan itu, untuk membantu pembangunan daerah. Kalau mau jadi wartawan, harus total. Jangan setengah - setengah" tegasnya. Wartawan juga harus memahami UU jurnalis dan kode etik. Sehingga dalam membuat berita, dapat bermanfaat bagi publik.


Ia pun berharap, orientasi yang dihadiri langsung oleh para pejabat. Peserta orientasi dapat menjadi bagian dari PWI. "Ini sungguh luar biasa, karena jarang sekali ditempat lain dihadiri oleh pajbat" ungkapnya.


Dalam sambutannya, Bupati Muratara memberikan apresiasi dan dukungannya dengan kegiatan orientasi jurnalis. "Kami sangat mendukung awak media di Muratara. Tanpa media, kami bukanlah apa - apa" kata Bupati.


HM Syarif Hidayat berharap, para jurnalis yang mengikuti kegiatan orientasi. Menjadi seorang wartawan yang profesional dan berintegritas. Orientasi ini dapat diharapkan juga dapat membangun komunikasi yang baik, antara insan pers dan masyarakat umum. Sehingga masyarakat memahami fungsi dan tugas pers.



Usai menyampaikan sambutan, Bupati membuka secara resmi orientasi jurnalis, yang diisi oleh narasumber Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, Anwar Laswan dan Komar. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive