Monday, March 23, 2020

Wakili Rawas Ulu, Desa Lubuk Kemang Ikut Penilaian IVA Test





MURATARA MSM.COM - Tim Penggerak PKK Kabupaten Muratara, melakukan penilaian dan verifikasi lapangan Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test di Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu, Senin (23/3).


Penilaian ini dilakukan, merupakan bagian dari penilaian lomba IVA Test. Dimana Desa Lubuk Kemang, menjadi wakil Kecamatan Rawas Ulu dalam lomba IVA Test tingkat Kabupaten Muratara tahun 2020 ini.


Verifikasi dan penilaian IVA Test dilakukan di Kantor Desa Lubuk Kemang. Dihadiri Kepala DPMD-P3A, Hj Gusti Rohmani melalui Sekretaris, Linda. Ketua TP PKK Rawas Ulu, Nya Mainuna Kadir, Camat Rawas Ulu, Abdul Kadir. Kades Lubuk Kemang, M Sopli dan tamu undangan lainnya.




Dalam sambutannya, M Sopli mengaku bangga sekaligus mengucapkan terima kasih, dengan ditunjuknnya Desa Lubuk Kemang menjadi wakil Rawas Ulu ditingkat Kabupaten. Menurutnya, capaian ini berkat kerjasama dan kekompakan.


"Menjadi juara tentu sangat kami harapkan. Namun, ini akan mendongkrak semangat dan motivasi seluruh lapisan masyarakat, untuk terus menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHB)" ucapnya.


Sehingga masyarakat, sambungnya, terutama kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA Test sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan kanker servik.




Terkait persiapan lomba, ia menjelaskan, Desa Lubuk Kemang menyediakan pojok toga, pojok bermain, pojok asih, pojok jamu, dan pojok lomba membaca.


Ditempat yang sama, Camat Rawas Ulu memberikan apresiasi kepada Desa Lubuk Kemang, yang sudah berpartisipasi dalam lomba. Tidak penting menjadi nomor satu atau tidak. Namun, menjadi yang terbaik sudah cukup.

"Inilah rasa syukur saya sebagai kepala wilayah. Intinya, kegiatan desa itu ingin berbuat dan berubah. Walaupun belum maksimal, mudah - mudahan bermanfaat" kata Camat.



Tim Penilai Kabupaten, Linda memuji penyambutan yang dilakukan oleh Desa Lubuk Kemang, yang terbilang ekskusive. Menurutnya, penilaian di Desa Lubuk Kemang meninggalkan kesan dibandingkan dengan ditempat lain.


Ia menjelaskan, selain penilaian IVA Test tingkat Kabupaten. Kedatangan tim juga untuk pembinaan Pokja IV dan PKK. Penilaian dilakukan terhadap 7 kecamatan, termasuk Kecamatan Rawas Ulu.


"Setelah dilakukan penilaian nanti akan ada yang menjadi tiga pemenang terbaik. Dimana juara satunya nanti akan diikutsertakan pada lomba tingkat provinsi" terang Linda.


Penilaian yang dilakukan, sambung Linda, dilakukan seobyek mungkin, dengan kriteria - kriteria yang sudah ditentukan. Termasuk didalamnya, bagaimana kerjasama dengan masyarakat setempat. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive