Monday, April 13, 2020

Puluhan Rumah Warga Dusun IV Lubuk Kemang, Terancam Longsor



MURATARA MSM.COM -  Sudah dua tahun terakhir, Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Rawas di Dusun IV Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, mengalami longsor, akibat tergerus derasnya arus sungai.


Puluhan warga yang rumahnya berada tak jauh dari tempat tersebut, semakin khawatir. Takut jika sewaktu - waktu rumah mereka hanyut terbawa longsor. Sebab, jarak rumah mereka dengan bibir sungai, hanya tinggal 15 meter.


Alwi (50) warga setempat menuturkan, dulu jarak antara rumah mereka dengan bibir sungai lumayan jauh. Namun, karena longsor yang terus terjadi, kini jarak antara rumahnya dengan bibir sungai hanya tinggal belasan meter.


"Kami sangat khawatir, karena semakin hari longsor terus saja terjadi. Apalagi saat ini intensitas hujan cukup tinggi. Kami semakin khawatir. Dulu jarak rumah kami 50 meter, sekarang tinggal 15 meter" kata Alwi, Senin (13/4).


Karena longsor terus terjadi, perkebunan warga juga sudah banyak yang terbawa arus. Ia dan warga lainnya berharap pemerintah Kabupaten Muratara dan instansi terkait dapat mengambil tindakan.


"Kami sangat berharap, pemerintah segera mengambil tindakan. Karena kondisi ini semakin mengancam rumah kami. Apalagi kalau sungai sedang banjir, longsor semakin menjadi" tuturnya.


Terpisah, Kepala Desa Lubuk Kemang, M. Sopli melalui Kadus IV, Pardesi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, jarak antara bibir sungai dengan rumah warga memang hanya tinggal belasan meter saja.

Memang bibir sungai semakin mendekat dengan pemukiman warga. Kita khawatir dengan rumah warga tersebut. Kami juga berharap adanya tanggapan cepat dari Pemda karena kondisi sudah darurat, tinggal 15  meter dari rumah warga, pungkasnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive