Wednesday, July 29, 2020

Bentuk Perhatian Pemkab Muratara. Warga SAD Sungai Jernih Terima Satu Ekor Hewan Kurban




MURATARA MSM.COM-Seperti tahun - tahun sebelumnya. Hari raya Idul Adha tahun ini Pemkab Muratara kembali berkurban satu ekor kerbau untuk warga Suku Anak Dalam (SAD) Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit.


Satu ekor kerbau untuk kurban dari Pemkab Muratara, merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Muratara terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang ada di Desa Sungai Jernih.


"Tahun ini Pak bupati berkurban lagi di tempat kami," kata Ketua Adat Suku Anak Dalam, Japaren, Selasa (28/7).


Menurutnya, tahun ini adalah tahun ketiga Pemkab Muratara berkurban untuk warga Suku Anak Dalam. "Kalau dua tahun sebelumnya sapi, tahun ini kerbau," ungkap Japaren.


Ia mengatakan, Suku Anak Dalam saat ini sudah beradaptasi dengan modernisasi, bukan lagi suku yang tertinggal. Mereka tak lagi tinggal di hutan belantara, namun sudah menetap berdampingan dengan warga biasa.


Sebelumnya warga Suku Anak Dalam memang tinggal berpindah-pindah di hutan. "Sekarang kami sudah menetap di sini (Desa Sungai Jernih), tapi memang masih ada yang tinggal di hutan," kata Japaren.



Sekretaris Daerah Muratara, Alwi Roham mengatakan, kerbau yang diberikan kepada warga Suku Anak Dalam adalah bentuk kepedulian pemerintah.


"Kerbaunya sudah diserahkan langsung oleh Bapak Bupati, mudah-mudahan warga di sana senang dengan adanya bantuan itu," kata Alwi Roham.


Ia menyebutkan, Pemkab Muratara setiap tahun berkurban untuk warga Suku Anak Dalam.


"Dari tahun 2018, setiap tahun kita kurban di sana, mereka bagian dari masyarakat Muratara yang juga butuh perhatian," katanya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive