Thursday, August 13, 2020

Persiapan HUT RI Ke-75 Paskibra Muratara Gelar Latihan




MURATARA MSM.COM - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-75 Tahun 2020. Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Muratara, menggelar latihan untuk persiapan pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus nanti.


Pemusatan latihan pasukan pengibar dan penurunan bendera telah dilakukan Pemkab Muratara, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sejak 11 Agustus 2020 lalu di halaman kantor Pemkab Muratara sejak pagi hingga sore.


Namun, jumlah pasukan pengibar bendera ditengah pandemi Covid-19 tentu berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Jika biasanya terdiri dari pasukan 17-8-45, yang merupakan tanggal bulan dan tahun kemerdekaan RI. Tahun ini pasukan pengibar bendera hanya terdiri dari 3 orang saja.


Kepala Dispora Kabupaten Muratara, Ir Lantang melalui Kabid Pengembangan Pemuda, Supriyanto mengatakan, ketika ditemui ditempat karantika pasukan pengibar bendera, Kamis (13/8) mengatakan, hal itu sudah menjadi ketentuan.


"Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) RI dan Surat Kemenpora. Memang tidak diizinkan menggunakan pasukan 17-8-45. Jadi, disederhanakan menjadi 3 orang saja" ujarnya.


Ia mengatakan, dalam Surat Edaran tersebut juga ditentukan undangan dan peserta upacara juga disederahakan. Undangan upacara HUT RI juga dibatasi, dan hanya terdiri dari TNI/POLRI dan PNS. Untuk PNS sendiri hanya terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Badan dan pejabat Esselon III.



"Karena dalam pelaksanaan ini ada wabah Covid-19. Maka protokol kesehatan tetap menjadi panduan. Sehingga pelaksanaan HUT RI ke-75 di Kabupaten Muratara, termasuk jumlah Paskibra hanya menggunakan 3 orang saja. Baik saat menaikkan maupun penurunan bendera" paparnya.


Supriyanto menyebut, untuk pasukan pengibar bendera sendiri merupakan hasil seleksi. Dimana sebelumnya Dispora Muratara telah melakukan seleksi paskibra di 7 Kecamatan, dimulai sejak 7 Februari lalu.


"Hari ini, sekitar pukul 14.00 WIB, Gubernur Sumsel melakukan prosesi pengukuhan Paskib Provinsi secara virtual di kantor Gubernur. Dan adanya peatihan, paskibra betul - betul siap menjalankan tugasnya pada 17 Agustus nanti" tutupnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Blog Archive