04 November 2020

Digelar Selama Dua Hari. Sekda Muratara Buka Bimtek SOP Administrasi Pemerintahan

 



MURATARA MSM.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara, Alwi Roham membuka Bimingan Teknis (Bimtek) Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintahan, Selasa (3/11).


Bimtek yang digelar Pemkab Muratara, melalui bagian organisasi dan Ortala Setda Muratara, digelar guna mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional menuju pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. 


Usai membuka Bimtek, Alwi Roham menjelaskan, SOP merupakan instruksi tertulis yang dibakukan dan sekaligus merupakan proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan dalam suatu organisasi. 


Hal itu dalam rangka untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai peraturan perundang - undangan serta untuk memperjelas peran dan tanggung jawab seorang pejabat sipil negara. 


"Tujuan yang hendak dicapai melalui Bimtek untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam panduan bagi seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah dalam mengidentifikasi, menyusun, mendokumentasikan, mengembangkan, memonitor serta mengevaluasi SOP sesuai dengan tugas dan fungsi aparatur negara" ujarnya. 


Hal ini penting dilakukan, mengingat dalam melaksanakan tugas dan wewenang pejabat sipil negara harus memiliki standar yang jelas, target kinerja yang terukur serta ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan.


"Kepada para peserta saya pesankan agar mengikuti Bimtek ini dengan sebaik-baiknya sehingga hasil dari bimtek ini dapat diimplentasikan dalam melaksanakan tugas pada masing-masing instansi saudara," imbuhnya.


Kepala Bagian Organisasi dan Ortala Setda Muratara mengatakan, tujuan dilaksanakannya Bimtek SOP untuk meningkatkan pemahaman ASN di lingkungan Pemkab Muratara dalam menyususn SOP administrasi. Sehingga dapat melaksanakan tugas dalam kelompok di tempat tugas masing-masing.


Selain itu, untuk membina dan menjadi acuan OPD dalam bekerja sehingga dalam pelayanannya tidak berbelit - belit. Apalagi bagi OPD yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, seperti DPST, Disdik, Dinkes, dan Kecamatan. 


"Disini kita rangkum dan di OPD akan dibentuk tim SOP sampai diantara intern mereka dan diketahui kepala OPD. Dengan adanya SOP agar dalam bekerja bisa cepat. Apa lagi zaman sekarang sudah modern serba teknologi canggih jadi kita jangan terlambat untuk kabupaten muratara supaya kedepan menjadi kebih baik" jelasnya.


Dia menambahkan, bimtek sendiri diikuti peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD dan kecamatan dilingkungan Pemkab Muratara. Sementara untuk pelaksanaanya digelar selama dua hari. 


Dengan menghadirkan sumber dari Kepala Tata Laksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel, Tajudin SH MSi. "Diharapkan, peserta yang mengikuti bimtek ini, nantinya mampu bekerja dengan sungguh - sungguh" harapnya. (MJ)


Share:

Postingan Populer

Arsip Blog