08 Oktober 2021

Tak Dilibatkan Dalam Urusan Perencanaan dan Pembangunan. Ketua BPD Tebing Tinggi Gembok Kantor Desa

 



MURATARA MSM.COM-Lantaran sering kali tak dilibatkan dalam urusan pembangunan dan perencanaan desa. Ketua BPD Desa Tebing Tinggi Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara, Kepin melakukan aksi protes.


Aksi protes yang Dia lakukan dengan menggembok pintu kantor Desa Tebing Tinggi, Jumat (8/10). Kepin melakukan itu, dipicu dihari yang sama dilakukan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Tebing Tinggi.


Kepada awak media Kepin mengungkapkan, aksi itu dia lakukan lantaran dirinya sudah habis kesabaran. Sebab, dalam setiap perencanaan maupun ketransparanan pengunaan Dana Desa dia selalu tidak diberitahu atau dilibatkan.


Bahkan kegitan penyerapan aspirasi masyarakat seperti MusrenbangDes saha dilakukan oleh pemerintah Desa dan sebalik pihaknnya sebagai BPD menjadi tamu undangan, beberapa kali ditanya mungkin karena dianggap lebih mudah dia sering disepelekan, terngnya.


"Jangankan masalah BLT-DD untuk dilibatkan dalam setiap kebijakan, justru kegiatan MusrenbangDes saja kami dibuat sebagai undangan dan bagaimana dengan permasalahan keuangan lainya," ungkapnya kesal.


Sementara itu Camat Nibung Damudin saat dikonfirmasi melalui ponselnya, membenarkan adanya insiden pengembokan kantor desa itu, meskipun pihaknya belum mengetahui pasti penyebabnya. Diakuinya, sejak pagi tadi sudah ada masyarakat dari Desa Tebing Tinggi kekantornya terkait permasalahan itu.


"Kami sudah mengetahuinya. Namun, untuk penyebabnya apa, kami terus lakukan koordinasi agar semuanya bisa akur antara pemerintah desa dan BPD itu dan hal itu sangat disayangkan, kalau sampai terjadi kegaduhan seperti itu ditingkat pemerintah desa," ucapnya.


Camat meminta seluruh pemerintah Desa dan BPD di Kecamatan Nibung, kedepan supaya dapat bekerjasama dengan baik antara sesama pemangku kebijakan Desa. Dia mewanti - wanti, jangan sampai menyebabkan hal-hal seperti itu, dimana seharusnya bisa akur dan musyawarah yang baik dalam setiap kegiatan desa terutana antara Kepala Desa dan BPD, sesuai instruksi Bupati beberapa Minggu lalu dalam rapat koordinasi.(MJ)

Share: