-->

IKLAN

IKLAN

Deklarasi Pilkades Damai, Calon Kades Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas

mediasinarmuratara
16 September 2022, 11:08 WIB Last Updated 2022-09-16T04:08:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Penandatanganan Pakta Integritas Pemilihan Kepala Desa Damai di gedung serbaguna Kecamatan Nibung


MURATARA MSM.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, di 50 desa dalam wilayah Kabupaten Muratara. Akan diselenggarakan pada 22 September 2022 mendatang.

 

Menyambut Pilkades serentak ini, Pemerintah Kabupaten Muratara melakukan penandatanganan pakta integritas Pilkades damai seluruh calon kades di gedung serbaguna Kecamatan Nibung, Kamis (15/9/2022).

 

Penandatanganan pakta integritas ini, dihadiri langsung Bupati Muratara H Devi Suhartoni, Kepala DPMPD Hj Gusti Rohmani, Asisten I H Alfirmansyah, Kapolres Muratara AKBP Ferly Rosa Putra, S.ik dan OPD.


Penandatanganan Pakta Integritas Pemilihan Kepala Desa Damai di gedung serbaguna Kecamatan Nibung


 

Dalam sambutannya, Bupati mengajak calon Kepala Desa yang berkompetisi dalam Pilkades serentak 50 Desa, damai dan bergembira, sesuai dengan tagline “Damai dan Gembira”.

 

“Tanggal 22 September 2022, Kita akan menyelenggarakan Pilkades serantak dan hari ini Kita hadir untuk menyamakan persepsi dan asumsi” kata Bupati.

 

Bahwa, sambung Bupati, Pilkades adalah salah satu program pemerintah, pesta demokrasi pada tingkat desa. Dimana setiap orang menggunakan hak konstitusinya, hak demokrasinya tanpa ada paksaan dan harus dilaksanakan secara jujur, disiplin dan transparan.

 

Agar pelaksanaannya damai, Bupati menyarankan calon kepala desa untuk selalu berdoa, dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Penandatanganan Pakta Integritas Pemilihan Kepala Desa Damai di gedung serbaguna Kecamatan Nibung


 

“Saya percaya, bahwa calon kades yang hadir ini adalah orang – orang sehat. Sehat cara berfikirnya, sehat nurainya dan sehat dalam tindakannya. Sehingga, diharapkan tidak boleh mencela, saling mencaci dan saling menjelekkan” tegas Bupati.

 

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini juga mengingatkan kepada penyelenggara Pilkades, agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara jujur, serta tidak boleh ada keberpihakan.

 

“Pilkades ini akan diawasi oleh aparat TNI dan Polri, yang akan dipantau oleh Kapolres dan Dandim. Sehingga, jangan ada yang melakukan kecurangan ataupun keributan” imbuh Bupati.


BACA JUGA : 

Jual Beli Shabu, Warga Desa Embang Ditangkap Satres Narkoba

 

Bupati menegaskan, calon kepala desa silahkan melapor, jika mencurigai ada kecurangan. “Jika terjadi kecurangan, saya meminta kepada Kapolres untuk segera ditindak” sambung Bupati.

 

Sementara, AKBP Ferly Rosa Putra, S.ik dalam kesempatan itu juga mengharapkan kepada calon kades untuk berkompetisi secara damai.

 

“Berkompetisi dan bersainglah secara sehat, demi menuju kabupaten Muratara Berhidayah” kata Kapolres.

 

Kesepatan calon kepala desa yang tertuang dalam pakta integritas atau deklarasi damai memuat tujuh poin kesepakatan. Pertama, siap melaksanakan pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 secara gembira dan damai.

 

Kedua, siap berjanji akan mengikuti dan melaksanakan setiap tahapan pemilihan kepala desa dengan baik  tunduk dan patuh semua peraturan perundang undangan yang berlaku terkait dengan pilkades

 

Ketiga, siap berjanji akan berkompetisi secara sehat dengan menjunjung tinggi nilai2 kejujuran. Keempat, siap menerima hasil penyelenggaraan pemilihan kepala desa dengan renda hati siap menang siap kalah.

 

Kelima, berjanji tidak akan melakukan politik uang dan kampanye hitam. Keenam tidak akan mengintimidasi terhadap keputusan. Ketujuh, siap berjanji menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dalam baik pelaksanaan maupun sesudah pelaksanaan pilkades.

 

Laporan : A.Majid

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA