-->

IKLAN

IKLAN

Muratara Berpotensi Diterpa Hujan Petir dan Angin Kencang

mediasinarmuratara
13 Oktober 2022, 14:32 WIB Last Updated 2022-10-13T07:32:54Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Ilustrasi : Kabupaten Muratara termasuk kabupaten yang berpotensi diterpa hujan petir dan angin kencang (Sumber gambar : Pixabay)


 

MURATARA MSM.COM – Kabupaten Muratara, termasuk salah satu kabupaten yang berpotensi diterpa hujan petir dan angin kencang.

 

Bersama 11 daerah lainnya, Kabupaten Muratara termasuk ke dalam 12 daerah yang sangat berpotensi diterpa hujan dan angin kencang.

 

Melansir dari sumselupdate Selasa (11/10/2020), adanya potensi hujan dan angin kencang tersebut, berdasarkan hasil analisa dinamika atmoster terkini yang menunjukkan adanya sirkulasi angin yang membantuk pola belokan angin.

 

“Serta perlambatan kecepatan angin, yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan” kata Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meterologi SMB II, Sinta Andayani.


BACA JUGA : 

Selisih Satu Suara, Bambang Hardianto Ditetapkan Jadi Pemenang Pilkades Setia Marga

 

Dia menambahkan, hal itu, bisa meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan. 12 kabupaten di Sumsel yang berpotensi hujang sedang, hingga lebat disertai angin kencang, meliputi Banyuasi, Lahat, Lubuklinggau dan Muara Enim.

 

Kabupaten lainnya, yaitu Kabupaten Musi Rawas, Musi Banyuasi, Muratara, OKU, OKI, OKUS, OKUT dan Pagaralam.

 

Sebelumnya, Selasa (4/10/2022), Kepala BPBD Muratara Zainal Arifin mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada, terkait perubahan cuaca di Kabupaten Muratara yang terjadi akhir – akhir ini.

 

“Terutama, yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS). Pasalnya, cuaca yang tadinya panas, tiba – tiba bisa menjadi gelap, dan terjadi hujan deras, bahkan cuaca ekstrem” terangnya.

 

 BACA JUGA : 

DPRD Muratara Gelar Paripurna Penjelasan Nota Keuangan dan Rancangan Perda APBD 2023



Dia menambahkan, saat terjadi hujan deras. Maka muncul potensi angin kencang puting beliung. Di tahun 2022 ini saja, angin putting beliung pernah terjadi di beberapa desa.

 

Sebagai antisipasi, sekali lagi Dirinya mengingatkan masyarakat, harus lebih berhati – hati. Apalagi saat berkendaraan di jalan. Dia mengingatkan, untuk menghindari berteduh dibawah pohon besar.

 

“Tidak kalah penting juga, jika disekitar rumah ada pohon besar dan tinggi, sebaiknya ditebang. Lantaran, bila angin kencang bisa roboh dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat itu sendiri” ujarnya.

 

Dia mengungkapkan, musim hujan ini biasanya diiringi dengan banjir. Berdasarkan pengalaman, ada tiga kecamatan yang dilanda banjir hingga berhari – hari. Bahkan pernah berminggu – minggu.

 

Tiga kecamatan itu adalah kecamatan Rupit, Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir. Sementara, untuk kecamatan Rawas Ulu dan Karang Jaya juga mengalami banjir. Namun, tidak sampai berhari – hari.

 

“Kami berharap, masyarakat yang tinggal di DAS tetap waspada. Kami dari BPBD Muratara, melalui TFC selalu memantau” kata Zainal Arifin.

 

Jurnalis : A.Majid

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA