-->

IKLAN

IKLAN

Mewakili Bupati Muratara, Asisten I Hadiri Pembukaan Lomba Kadarkum Di Palembang

mediasinarmuratara
16 November 2022, 19:28 WIB Last Updated 2022-11-16T12:28:30Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra H Alfirmansyah bersama perwakilan pelajar SLTA pada lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarhum) di kota Palembang


 

 

PALEMBANG MSM.COM – Bupati Muratara H Devi Suhartoni, melalui Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra H Alfirmansyah didampingi Kabag Hukum Setda Muratara Lukman, SH.

 

Menghadiri pembukaan lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat SLTA se-Sumsel, bersama para kepala OPD di Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel, Kepala Kanwil Kemenhumham Sumsel, dan Kabag Hukum se-Sumsel.

 

Lomba Kadarkum yang berlangsung selama dua hari, 16 – 17 November 2022 ini. Dibuka gubernur Sumsel H Herman Deru, di SMAN 1 Palembang, Rabu (16/11/2022).


BACA JUGA : 

Gerebek Sebuah Pondok, Satres Narkoba Temukan 8 Paket Shabu

 

Dikesempatan yang sama, gubernur HD juga mengukuhkan perwakilan pelajar SLTA Kabupaten/kota menjadi Kelompok Sadar Hukum dan Komunitas pelajar penggiat Hukum dan HAM tingkat provinsi Sumsel tahun 2022.

 

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, upaya meningkatkan kesadaran hukum, dapat dilakukan dengan memberikan literasi hukum.

 

Dimulai dari personal, kemudian keluarga dilanjutkan di lingkungan. Dengan demikian, warga Sumsel ditargetkan menjadi warga yang sadar dan taat hukum.


BACA JUGA : 

Tingkatkan Nilai Akreditasi Disdik Muratara Gelar Bimtek

 

“Kesadaran hukum dimulai dari ketertiban individu masing – masing. Apapun produknya, baik Undang – Undand maupun peraturan apapun. Jika tidak ada keinginan individu mematuhi. Maka, akan sia – sia” kata gubernur HD.

 

Hal ini, sambung gubernur HD, harus ditanamkan kepada para pemuda. Karena, banyak korban materi dan nyawa. Akibat dari kurangnya kesadaran hukum.

 

Gubernur HD mengapresiasi langkah Biro Hukum bersama mitra – mitranya, menyelenggerakan lomba Kadarkum.

 

Dengan lomba ini, kata HD, merupakan salah satu cara memperbaiki masa depan, yang dimulai dari pemuda.

 

Dia pun mengajak, para Kepala Sekolah dan guru untuk pembenahan. “Literasi hukum harus dimulai dari keluarga” imbuh HD.

 

“Semua sama dimata hukum, baik perdata dan pidana. Kesadaran hukum harus ditanamkan sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi” sambung gubernur HD.

 

Sementara itu, Karo Hukum Sumsel Drs Syahrullah SH MSi menyebut, lomba Kadarkum dilaksanakan, guna meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar SLTA.


Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka secara resmi lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tahun 2022


 

Dengan tujuan, dapat mengantisipasi kejahatan sosial di kalangan generasi hukum. Sekaligus, meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar di Sumsel.

 

Sehingga, kata Syahrullah menambahkan, dapat menurunkan angka kriminalitas di Sumsel.

 

“Peserta berasal dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. Menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Tinggi Sumsel, Polda Sumsel, Kemenkumham, Disdik dan Biro Hukum” jelasnya.

 

Jurnalis : Muhayan

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA