-->

IKLAN

IKLAN

Pemkab Muratara Sukses Gelar Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045

mediasinarmuratara
30 April 2024, 13:16 WIB Last Updated 2024-04-30T06:16:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Bupati Muratara H Devi Suhartoni didampingi Wabup H Inayatullah menghadiri Musrenbang RKPD dan RPJPD di halaman kantor Bupati





 

MURATARA MSM.COM – Pemkab Muratara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025 – 2045. Serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Muratara, di halaman kantor Bupati, Senin (29/4/2024).

 

Kepala Bappeda Kabupaten Muratara Amrullah, ST, MM mengatakan, tujuan diselenggarakannya Musrenbang RPJPD tahun 2025 – 2045 dan RKPD tahun 2025 untuk memperoleh masukan dari stakeholder terkait untuk penyempurnaan RPJPD dan RKPD.

 

“Untuk memperoleh masukan yang berharga, terhadap permasalahan, isu strategis, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD Kabupaten Muratara tahun 2025 – 2045 dan RKPD tahun 2025” ucapnya.


Bupati Muratara H Devi Suhartoni menyampaikan sambutan  di Musrenbang RKPD dan RPJPD Kabupaten Muratara


 

Sementara, Ketua DPRD Muratara Efriansyah, S.Sos yang diwakili Wakil Ketua I Sukri Alkap mengingatkan, semua pencapaian yang sudah diraih ditahun sebelumnya, harus dijadikan spirit dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi dan mewujudkan apa yang belum terwujud.

 

Dikatakannya, pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan amanah dari Kemendagri nomor 86 tahun 2027, yang menjadi wahana publik dan pemangku kepentingan untuk memahami isu -  isu dan pemeriksaan daerah, guna disepakati menjadi program dan kegiatan yang akan menjadi prioritas pembangunan daerah.

 

Selaras dengan tema yang diusung yakni “Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat melalui Peningkatan Infrastruktur dan Tata Kelola Pemerintahan”, diharapkan melalui Musrenbang dapat membantu kabupaten Muratara dalam menghadapi tantangan masa depan melalui perumusuhan berbagai kebijakan.


Musrenbang RKPD tahun 2025 dan RJPD tahun 2025 - 2045 di halaman kantor Bupati Muratara, Senin (29/4/2024)


 

“Semoga dapat terjalin komunikasi yang intensif dalam membahas dan merumuskan berbaga kebijakan strategis serta program prioritas, untuk menentukan arah pembangunan di kabupaten Muratara” ujarnya.

 

Berdasarkan Undang – Undang, imbuhnya, pimpinan dan anggota DPRD wajib memperjuangkan aspirasi masyarakat. RKPD menjadi dokumen perencanaan kerja pemerintah daerah dalam satu tahun, yang nantinya menjadi dasar penyusunan perencanaan APBD Kabupaten Muratara dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dijadikan prioritasanggaran dalam APBD 2025.

 

Dengan tema tersebut, sambung Dia, DPRD Muratara meminta agar pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan memperhatikan keberlangsungan sekitar, dan dilakukan secara berkelanjutan.

 

 

Wadah Aspirasi Masyarakat dan Penyusunan Kebijakan Program Pembangunan

 

 

Bupati  Muratara H Devi Suhartoni mengatakan, Musrenbang merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi mayarakat, sekaligus forum koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan.

 

Fokus rencana kerja pemerintah daerah 2025 – 2045, kata Bupati, yaitu penguatan pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, peningkatan pelayanan dasar masyarakat, pembangunan infrastruktur dasar, dan peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur menuju Good Goverment.

 

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini pun meminta seluruh jajaran Pemkab Muratara, untuk bekerja berdasarkan data yang valid, tujuannya supaya berbagai program yang dilaksanakan berjalan dengan baik.

 

“Data adalah kunci dalam pembangunan, tanpa adanya data yang valid, program tidak dapat terlaksana dengan baik. Saya mengharapkan, jajaran Pemkab Muratara bisa memiliki program validasi data yang baik” kata Bupati.

 

 

Berani Laksanakan Inovasi Daerah

 

 

Seluruh jajaran Pemkab Muratara juga diminta untuk berani melaksanakan inovasi daerah, dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa, sebagaimana yang tertuang dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

 

“Melalui Musrenbang ini, nantinya dapat tersusun program dan kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat” ujar Bupati. Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Muratara H Inayatullah.

 

Sekretaris Daerah, Kapolres dan pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Muratara. Pimpinan instansi vertikal, Camat, Kades beserta ketua BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta tamu undangan lainnya.

 

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Bappena RI Drs Sumedi Andono Mulyo, tamu undangan dari sejumlah kabupaten/kota, pimpinan BUMN/BUMD dan Pimpinan Bank SumselBabel.

 

Jurnalis : A.Majid

baca berita lainnya di google news 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA