-->

IKLAN

IKLAN

Bupati Mura Study Banding ke Luar Negeri

mediasinarmuratara
02 September 2018, 10:29 WIB Last Updated 2018-09-02T03:30:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



MUSIRAWAS, MSM.COM - Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan bersama beberapa Bupati di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mendapatkan kesempatan besar untuk belajar ke empat negara yakni Belanda, Jerman, Belgia dan Perancis dari 28 Agustus hingga 6 September 2018.

Study ke Eropa ini, kata Bupati Hendra, bukan hanya sekedar jalan-jalan, namun study menjadi agenda penting yang akan dilaksanakannya. Seperti di Belanda, kata Bupati ada beberapa daerah dan lokasi penting serta bersejarah yang akan dikunjungi, diantaranya Courtessy Call ke Kedutaan Besar Republik (KBPRI) Belanda dan Belgia.

Diungkapkannya, rombongan akan mengunjungi KBRI di Belanda dan Belgia guna menjalin kerjasama antara pihak KBRI sebagai penghubung Indonesia di luar negeri.

dengan pemerintah di daerah khususnya di tingkat kabupaten terlebih Kabupaten Musi Rawas untuk memberikan informasi potensi daerah melalui promosi yang dilakukan KBRI Belanda dan KBRI Belgia.

“Selain itu, rombongan juga akan ke Zaanse Schans (ZS) Zaandam di Belanda yang merupakan saksi sejarah dalam industri dan masuk dalam daftar ERIH (European Route of Industrial Heritage),” jelas H. Hendra.

Dalam lawatan ke wilayah ini, kata Bupati akan didapatkan pelajaran sebuah daerah dengan sumber daya yang terbatas dengan kondisi lahan basah, di tanah yang datar bisa maju dan berkembang. dengan memanfaatkan angin yang dapat menghasilkan rumah-rumah industry dengan windmills-nya.

“Salah satu agenda penting di Belanda, yakni mengunjungi Rotterdam dirinya akan mengikuti kegiatan kursus yakni Executif Course on Urban Management and Local Economic, Development di IHS (Institute of Housing and Urban Development Studies yang dahulunya adalah Bauw Centrum),” ungkap H. Hendra.

Saat ini IHS merupakan lembaga berpengalaman dalam peningkatan sumber daya manusia. Dalam hal peningkatan kapasitas pelaku dan pemangku kepentingan di daerah untuk good governance, IHS memiliki banyak pengalaman di berbagai daerah Indoneisa. Selain itu juga kegiatan Capacity Building Pemerintahan Kabupaten di bidang perencanaan, pengelolaan wilayah dan kota oleh Institute of Housing and Urban Development Studies – HIS.

Selain di Negara Belanda Bupati H2G bersama beberapa Bupati juga akan melaksanakan Study Tour Internasional di Belgian, Jerman dan Perancis. Diantaranya Kohl, kota sejarah dengan peninggalan gereja ‘Kolnerdom’ dan pernah menjadi ibukota Federasi Jerman (barat).

Kemudian Brussel yang merupakan perpaduan antara kebudayaan Perancis dan Flemish (Belanda) dan merupakan pusat perdagangan coklat dunia.

Selain itu juga kunjungan ke Marne La Vallee yang merupakan salah satu kota di kawasan Metropolitan Paris (Isle de France) yang dicanangkan sebagai salah satu pusat perkembangan baru di daerah Metropolitan Paris.

Bupati dan rombongan juga akan melihat Pembangunan Industri Pengolahan Kulit Tas di Paris. Dimana sebuah brand Perancis membuka cabangnya di Pantin, di Seine-Saint-Denis, Rue Auger, yang merupakan area yang cukup tenang.

dapat di akses dengan mudah melalui jalur metro yang tidak jauh dengan pusat Kota Paris. Dulunya lokasi ini merupakan salah satu pusat kerajinan pengolahan kulit tradisional (khusus tas-tas) di Prancis.(zul)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA