Senin, 15 Oktober 2018

Tanamkan Jiwa Bisnis Dinas Ketahanan Pangan Luncurkan Berbagai Program




MURATARA MDM. COM- Guna meningkatkan perekonomian dan menanamkan jiwa bisnis anggota Kelompok Tani (Poktan) dan Keluarga Brilian, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Utara meluncurkan berbagai program yang dialokasikan melalui dana APBN.

Salah satunya dengan menyalurkan dana Bantuan Sosial (Bansos) kepada Kelompok Tani, melalui rekening kelompok masing masing. Dana tersebut disalurkan dalam upaya menanamkan jiwa bisnis anggota Poktan dan Keluarga Brilian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Titin Martini pada Senin (15/10) di ruang kerjanya mengungkapkan, instansi yang ia kepalai termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di Kabupaten Muratara, yang merupakan pecahan dari Dinas Pertanian.

Terhitung sejak tahun2017, instansi yang saat ini ia pimpin menjadi Dinas Ketahanan Pangan. Kendati termasuk OPD baru, di 2018 ini Dinas Ketahan Pangan sudah mempunyai berbagai program yang dialokasikan dalam APBN. Diantaranya, Kelompok Tani dan Kelompok Rumah Pangan Lestari.

"Dalam Poktan ada yang khusus dibidang penjualan beras guna mengantisipasi melonkaknya harga beras. Sedangkan kelompok Rumah Tangga Brilian bergerak dibidang ternak ayam, ikan dan sayuran yang mereka kelola bersama sama" jelasnya.

Untuk mencapai hasil yang diharapkan, setiap kelompok didampingi oleh tenaga pendamping. Khusus untuk kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari, mereka juga didampingi oleh tenaga ahli dibidang masing masing.

Dilanjutkannya, untuk melihat sejauh mana perkembangan dari setiap kelompok. Dinas Ketahanan Pangan juga mengadakan rapat dengan mengundang masing masing kelompok. "Alhamdulillah, saat ini disetiap kelompok ada peningkatan" kata Titin.

"Mudah mudahan tahun depan kita lanjutkan ke program program yang lain sembari mengembangkan dan meningkatkan program yang sudah berjalan. Saya sudah melaporkan ke Bupati, respon beliau sangat baik.Lanjutkan kata beliau" tukasnya. (Hamkam)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog