Senin, 04 Februari 2019

Buka MTQ Tingkat Kabupaten Muratara Ke-V. Bupati ; Jadikan Al-Qur’an Filter Kemajuan IPTEK




NIBUNG MSM.COM-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Kesra Setda Muratara menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Muratara yang ke-V tahun 2019.

Tahun ini kecamatan Nibung menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara tahunan tersebut. Pembukaan sendiri berlangsung di lapangan sepak bola Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung, Senin (4/1).

Pembukaan MTQ tingkat kabupaten Muratara yang tahun ini sudah kelima kalinya diselenggarakan, dijadwalkan berlangsung selama lima hari kedepan dan dibuka langsung oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat.



Turut hadir dalam pembukaan MTQ antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara, H Zainal Arifin, Kabag Kesra Haerudin, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, Kades, Koramil, Polsek dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kabag Kesra Setda Muratara Haerudin menyampaikan, MTQ tingkat Kabupaten yang ke-V ini merupakan agenda tahunan dengan tujuan diantaranya untuk meningkatkan kecintaan, penghayatan dan pengalaman terhadap kandungan Al-Qur’an.

Meningkatkan SDM di bidang spiritual, mutu akademi khusus, menciptakan kondisi kompetitif yang sehat, melatih sportivitas dan tanggung jawab, serta mengembangkan bakat dan minat dalam bidang keagamaan.



“Peserta MTQ ke-V ini berasal dari pemenang perlombaan setiap cabang yang dilombakan pada MTQ tingkat Kecamatan, dengan total peserta sebanyak 334 orang. Dewan hakim 47 orang, dan panitera sebanyak 24 orang” jelas Haerudin.

Ia memaparkan, 334 peserta berasal dari 7 kecamatan dalam wilayah Bumi Beselang Serundingan dengan rincian, peserta dari kecamatan Nibung sebanyak 54 orang, Karang Jaya 29 orang, Rawas Ulu 47 peserta, Rupit 54 peserta, Karang Dapo 49 peserta, Ulu Rawas 47 peserta dan Kecamatan Rawas Ilir mengirimkan sebanyak 54 peserta.



Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dalam sambutannya mengajak, untuk menjadikan MTQ ke-V sebagai pondasi untuk menjadikan masyarakat, terutama generasi muda senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita - cita sebagai generasi muda penerus bangsa yang Qur’ani.

Dijelaskan orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang syarat dengan inspirasi dan motivasi, agar umat manusia memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak, serta menciptakan generasi muda Rabbani nan AlQur’an yang handal dan berahklakul karimah.




“Salah satu upaya yang dilakukan dalam menjadikan Al Qur’an berfungsi demikian dengan melaksanakan MTQ, karena selain untuk mensyiarkan agama islam juga menyampaikan pesan pesan yang terkandung di dalamnya” kata Bupati.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat  Kabupaten Muratara  untuk menjadikan AlQur’an sebagai filter berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak selaras dengan kandungan Al-Qur’an.



Diungkapkan Bupati, pada April mendatang Kabupaten Muratara menjadi tuan Rumah STQ tingkat provinsi Sumsel. Untuk itu ia mengajak untuk mensukseskan kegiatan tersebut sekaligus sukses sebagai juara.

“Selamat mengikuti MTQ, semoga keikutsertaan dalam MTQ ini dapat membawa manfaat dalam mengaktualisasikan syiar Islam secara indah” harapnya. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog