Selasa, 25 Juni 2019

Gubernur Sumsel Buka Langsung PEDA KTNA Ke-XIII




MUSI BANYUASIN MSM.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru, buka langsung Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XIII di Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (24/6).


Dalam pidatonya Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru mengaku panitian KTAN Provinsi Sumsel tidak salah memilih Muba sebagai tempat pelaksanaan Peda.


"Dengan even ini diharapkan sapat meningkatkan promosi Kabupaten Muba ditingkat Provinsi Sumsel,"ucapnya.


Dijelaskannya, Herman Deru kalau produkai pangan di Sumsel pernah berduka 2017, penurunan 200 ribu ton kurang, alam dalam kondisi ekstrim.


Harapannya, kedepan ada peningkatan produksi pangan, untuk itulah kepada seluruh petani yang tergabung dalam Peda harus dapat membuat rumusan pada peda tahun ini.


"Saya ingin para petani yang tergabung dalam KTNA, memanfaatkana Peda dengan berdiskusi, belajar dan gelar tekhnologi serta menemukan rekomendasi kepada pemerintah daerah atau Pemerintah Provinsi Sumsel yang  terkait kepentingan petani," pesannya.

Herman Deru juga menyampaikan selamat atas penghargaan yang barusan diberikan oleh Ketua KTNA Nasional.


"Selamat kepada Bupati Muratara, yang telah menerima penghanugerahaan oleh KTNA Nasional,"Kata Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat menyampaikan pidatonyan sebelum membuka Peda KTNA Ke - XIII.


Penghargaan lencana emas yang diberikan oleh KTNA Nasional membuktikan para kepala daerah  merupakan sosok pemimpin yang memperhatikan petani.


"Penganugrahan lencana emas ini sebagai  penghargaan KTNA Nasional kepada kepala daerah yang peduli terhadap petani dan nelayan,"Tutur Herman Deru.


Sementara itu, Menteri Pekertanian RI, yang diwakilli oleh Badan Litbang Kementan, Dr. Fajri Jufri dalam pidatonya menyampaikan melalui Peda ini diharapkan termotivasi dalam pencapaian dan evalusi dalam meningkatkan hasil pertanian menunu lumbung pangan 2045.


"Walaupun anggaran pertanian turun tapi peningkatan ekspor terus naik," kata dia.


Ketua KTNA Nasional, Winarno Tohir dalam pidatonya, bersyukur Peda terlaksana dengan baik dan persiapan Pekan Nasional (Penas) ke XVI pada Juni 2020 mendatang  di Sumatera Barat.


"Penas sudah dilaksanakan selama 15 kali, pertama kali tahun 1971 dan untuk Sumsel dilaksanakan  tahun 2007 lalu, dan bila Provinsi Sumsel ingin kembali menjadi tuan rumah Penas, maka silahkan usulkan pada Penas di Sumbar nantinya," kata dia.


Winarno Tohir berpesan kepada peserta Peda memanfaatkan peda untuk meningkatkan ilmu pengetahuan sesama peserta, sehingga untuk menjadi semangat baru dalam meningkatkan hasil pertanian didaerah masing-masing.


Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KTNA Nasional kepada dirinya.


Manurut HM Syarif Hidayat penghargaan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat dalam hal ini KTNA Nasional dan Kementrian Pertanian RI kepada masyarakat Kabupaten Muratara.


"Lencana emas ini bukan untuk bupati tapi untuk masyarakat Muratara khususnya para petani dan nelayan yang telah menorehkan kontribusi dan prestasi dalam hal pertanian,"Kata HM Syarif Hidayat.(MJ)
Share:

Postingan Populer