Wednesday, September 4, 2019

Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, 4 Rumah Warga Desa Sukamenang Hangus Terbakar






MURATARA  MSM.COM - 4 Rumah warga di Dusun II Desa Sukamenang, Kecamatan Karang  Jaya Kabupaten Muratara hangus terbakar. Dugaan sementara, kebakaran akibat dari arus pendek listrik.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun. Kebakaran yang menghebohkan masyarakat sekitar, meludeskan 3 rumah hingga rata dengan tanah. Sementara, satu rumah lagi, hanya setengahnya saja yang dilahap si jago merah.

Keempat rumah yang terbakar tersebut, ditempati 6 Kepala Keluarga. Peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 12.30  WIB. Akibat kobaran api yang cukup besar yang begitu cepat melahap rumah dikiri kanan, tak ada barang berharga yang bisa diselamatkan.


Kepala Desa Sukamenang, Jamel ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran yang diduga berasal dari arus listrik. Dia menambahkan, api bermula dari rumah Meran. Lalu merambat ke rumah Sainudin, rumah Saman serta rumah Abu Resio.

Diterangkannya, rumah ketiga korban yakni Meran, Sainudi dan Saman semuanya hangus dan rata dengan tanah. Termasuk juga barang - barang berharga yang tak sempat diselematkan.

Sementara, satu rumah lainnya yakni rumah Abu Resio juga turut terbakar. Namun hanya sebagian yang terbakar, karena masih sempat dipadamkan warga bersama pihak Damkar.

"Tapi ketiga rumah lainya api begitu cepat besar dan pemadam kebakaran belum sempat tiba dilokasi. Sehingga upaya warga dengan alat seadanya melakukan pemadaman sia-sia saja. Sehingga api tidak dapat dipadam hingga menyampar kerumah warga yang ke Empat," terang ia.

Dari kejadian tersebut, kerugian ditaksir hingga ratusan jutah rupiah. Pihak korbanpun berharap perhatian dan bantuan dari pemerintah.

Terkait hal itu, Jamel mengatakan, bahwa jaringan PLN di Kampung II, tiang PLN dari 1 ke 1 tiang lainya cukup jauh. Sementara kabel induk PLN yang disalurkan kerumah-rumah warga sudah cukup jauh.
"Dengan kejadian ini, kami mengharapkan adanya kepedulian dari pihaj PLN untuk membenai kabel-kabel guna pendistribusian arus listrik berjalan normal," tutup ia.

Serupa yang disampaikan warga setempat, Radi (34), bahwa saat kejadian tersebut memngagetkan banyak warga. "Sebab dising hari mengepul asap hitam dan api berwarna mera sangat tinggi di perkampungan warga.

"Tak lama kejadian warga cepat ramai dilokasi. Tapi upaya warga melakukan pemadaman dengan alat seadanya sia-sia saja," kata ia.

Dilanjutkanya, bahwa kejadian tersebut membuat pihak keluarga maupun warga tak berdaya untuk memadamkan api yang begitu besar hingga ketinggianya mencapai 5 meter.

"Kami warga berharap adanya kepedulian Pemda Muratara untuk dapat membantu pihak korban," tutupnya. (MJ)


Share:

Postingan Populer

Blog Archive