-->

IKLAN

IKLAN

Suka Menang Karang Jaya, Desa Terdampak Paling Parah Banjir Luapan Sungai Rupit

mediasinarmuratara
18 April 2024, 18:03 WIB Last Updated 2024-04-18T11:07:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Rumah warga Desa Suka Memang Kecamatan Karang Jaya yang hanyut dan rusak parah akibat diterjang banjir luapan sungai Rupit



MURATARA MSM.COM – Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, menjadi desa yang paling parah terdampak banjir, yang terjadi pada Selasa (16/4/2024) lalu.

 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun menyebutkan, sebanyak 17 unit rumah hanyut. Sementara sebanyak 23 rumah mengalami rusak berat, akibat diterjang banjir bandang.

 

Pasca banjir, masyarakat tampak sibuk membersihkan puing – puing bangunan rumah yang berantakan akibat diterjang banjir luapan sungai Rupit.

 

Sementara, sebagian rumah yang mengamalami rusak parah, terlihat roboh dan hanya menyisakan puing – puingnya saja.

 

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muratara menyebutkan, ada 2.830 rumah warga terdampak banjir.

 

BPBD Muratara pun terus melakukan upaya penanganan darurat, dengan menyelematkan dan mengevakuasi warga ke kempat yang lebih aman.

 

Kepala Desa Suka Menang, Alfatah mengatakan banjir bandang yang menerjang desa Suka Menang mencapai ketinggian 5 meter lebih.

 

Dengan ketinggian air tersebut, menenggelamkan seluruh seluruh rumah warga yang berada di Desa Suka Menang.

 

“Air yang tinggi dan arus yang deras, membuat akses jalan di Desa Suka Menang terputus” ujarnya kepada awak media, Rabu (17/4/2024).

 

Akibat terputusnya akses jalan, warga terjebak ditengah banjir. Saat terjebak itu, sambugnya, warga berusaha menyelematkan diri dengan naik diatas pohon yang tinggi.

 

Dia menyebutkan, terdapat 8 desa di Kecamatan Karang Jaya yang berada disepanjang aliran sungai Rupit yang terdampak banjir.

 

Kedelapan desa itu adalah Desa Muara Batang Empu, Proyek, Sukaraja, Terusan, Muara Tiku, Tanjung Agung, Lubuk Kumbung, dan Desa Suka Menang.

 

Dia menambahkan, banjir luapan sungai Rupit itu juga turut menghanyutkan hewan ternak milik warga.

 

“Air saat ini sudah surut. Namun, warga yang rumahnya hanyut dan rusak parah, saat ini terpaksa menumpang dirumah keluarganya, sampai mereka  membangun rumah kembali” kata Alfatah.

 

Warga pun mengharapkan, ada donator yang berbaik hati bisa membantu meringankan beban masyarakat.

 

Jurnalis : A.Majid/Muhayan

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA