Kamis, 09 Januari 2020

Polres Muratara Gelar Apel Siaga Darurat Bencana




MURATARA MSM.COM- Apel siaga  darurat bencana banjir dan longsor digelar Polres Muratara bekerjasama dengan Pemkab Muratara, Kamis (9/1). Di halaman kantor Bupati Muratara.


Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto menjelaskan, apel ini dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Muratara.

Apalagi, intensitas cuaca semakin meningkat, sehingga ancaman bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi.

"Apel ini kita menyiapkan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia dalam penanggulangan maupun penanganan bencana alam," kata Kapolres.

Ia berharap kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri dan berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

Kapolres meminta seluruh pihak terkait untuk memberikan sosialisasi informasi kepada warga, khusunya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana.

"Dengan sosialisasi maka masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muratara Syarmidi mengatakan, penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah.

Tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, TNI, Polri, SAR, maupun elemen masyarakat.

"Kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini, sekalipun saat ini berada pada kondisi aman, tapi perlu diantisipasi juga," katanya.

Kesiapan penanganan bencana yang tepat diharapkan dapat meminimalkan jumlah korban, baik jiwa maupun materil saat terjadi bencana alam.

"Kita semua harus siap siaga, karena bencana alam ini bisa datang kapan saja, kadang secara mendadak," ujar Syarmidi.(MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog