Wednesday, March 18, 2020

Dispora Muratara, Sukses Gelar Festival Marching Band






MURATARA MSM.COM - Sebagai bagian dari semarak menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muratara ke-7. Pemkab Muratara, melalui Dinas  Pemuda dan Olahraga (Dispora), menggelar  Festival Marching Band dan Drum Band, Senin (16/3).


Festival yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, berlangsung sukses di lapangan Silampari Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit. Hadir Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat melalui Sekda, Alwi Roham, Kepala Dispora, Erdius Lantang, Kepala OPD, para Camat dan tamu undangan lainnya.




Kepala Dispora, Erdius Lantang menjelaskan, festival yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Muratara ke-7. Tidak hanya diikuti oleh peserta dari Kabupaten Muratara saja. Namun, kabupaten/Kota tetangga turut berkompetisi menjadi yang terbaik.


"Keseluruhan peserta berjumlah 1000 pelajar. Yang tergabung dalam 13 grup, mulai tingkat SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Sedangkan kategori yang dilombakan meliputi display, parade, battle, best mayoret, best field, commander" jelas Erdius Lantang.





Setiap peserta, sambung Erdius Lantang, diperkenankan untuk membawakan empat hingga enam lagu yang mereka kuasai, dengan durasi waktu masing - masing 10 - 15 menit.


Aturan tersebut berlaku untuk seluruh peserta. Dengan sanksi, apabila dilanggar oleh peserta. Maka berdasarkan ketentuan yang ditetapkan panitia, peserta tesrebut akan dikenakan hukuman atau penalty.




"Unsur penting dan pendukung lainnya yang mempengaruhi nilai seperti keserasian, busana dan perlengkapan. Yang terpenting penguasaan materi. Untuk juara kesatu hingga ketiga, akan diberikan tropy dan piagam penghargaan" jelasnya.



Sekda Muratara, Alwi Roham mengatakan, selain merupakan rangkaian HUT Muratara, Festival marching band dan drum band digelar, dengan tujuan mengembangkan bakat para siswa, dengan harapan menghasilkan siswa yang handal. Sehingga dapat dikembangkan di masa mendatang. "Ajang ini juga untuk menggali potensi yang ada pada siswa" sambung Alwi Roham.





Sekda mengadakan, festival marching band dan drum band akan diagendakan setiap tahunnya. Pemkab Muratara, melalui Dispora, kata Sekda, menggelar berbagai kegiatan olahraga, salah satunya festival marching band, untuk mewujudkan generasi yang sehat dan bermartabat.


"Festival ini juga untuk membentuk silaturahmi, menjadikan anak - anak yang cerdas dan jauh dari hal - hal negatif" kata Sekda. (MJ/ADV)

Share:

Postingan Populer

Blog Archive