06 Desember 2020

Rawas Ulu Gelar STQ Tingkat Kecamatan Tahun 2020

 



MURATARA MSM.COM - Pemerintah Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Qur'an (STWQ di masjid Nurul Iman, Desa Remban, Minggu (6/12).


STQ hasil binaan Lembaga Pembinaan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Muratara itu, dijadwalkan berlangsung selama dua hari.  Pembukaan yang dihadiri Camat Rawas Ulu, Kades dan undangan lainnya. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. 


Kepala Desa Remban M. Yusuf melalui perangkat Desa Remban, Dedi menyampaikan ucapan terima kasih, atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Remban untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan STQ tingkat Kecamatan Rawas Ulu ini. 



Dirinya berharap, seluruh peserta tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan STQ hingga selesai. Dan mensiarkan agama Allah sebagai penerus generasi Al-Qur'an dimasa mendatang. 


"Meawakili masyarakat Desa Remban, saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muratara, yang sangat peduli dengan bidang keagamaan" tutupnya. 


Sementara, Ketua LPTQ Kabupaten Muratara M. Lubis diwakili Sekjen LPTQ, Selamat Tulepri memaparkan, bahwa kegiatan STQ yang diselenggarakan ini merupakan hasil pembinaan LPTQ Muratara tahun 2020. Dan STQ ini digelar serentak di tujuh kecamatan dalam Bumi Beselang Serundingan. 




"Alhamdulillah, sejak pagi sudah lima kecamatan yang membuka dan menyelenggarakan STQ. Penyelenggarakan di Desa Remban ini merupakan pembukaan STQ yang ke enam" ujarnya. 


Dia mengatakan, STQ digelar dengan beberapa tujuan. Diantaranya untuk mensiarkan Al-Qur'an dan menjadikan masyarakat Kabupaten Muratara, hidup dengan bernafaskan kereligiusan.


Tujuan lainnya yaitu untuk mencari bibit Qori dan Qoriah serta hafiz dan hafizoh ditambah untuk memotivasi santri dan guru ngaji. Untuk terus mempelajari Al-Quran dengan baik dan benar. 


"Saya berharap, ajang ini menjadi kesempatan untuk mendorong semangat generasi muda Muslim untuk mempelajari, memahami dan mencitai kitab Suci AlQur'an" sambung Selamat Tulepri. 


Menurutnya, hal itu untuk mewujudkan generasi Qurani, khususnya di Kecamatan Rawas Ulu, dengan prestasi hingga ke tingkat Kabupaten, provinsi bahkan hingga ke tingkat nasional. 


" Al-Qur'an telah memberi tuntutan kepada umat manusia di muka bumi ini. Untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi dan hidup dalam damai" paparnya. 


Al Quran juga mengajarkan manusia untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak saling membenci. Alquran juga mengajarkan manusia untuk saling bekerja sama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kemungkaran dan kejahatan.


Untuk diketahui, STQ tingkat Kecamatan Rawas Ulu tahun 2020 terdapat ada enam cabang perlombaan putra dan putri. Terdiri dari Tartil Anak - anak, Tilawah Anak - anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Hifzil Qur'an 1 Juz serta Tartil Dewasa untuk kategori umur 40 tahun keatas. (MJ)


Share:

Postingan Populer

Arsip Blog