25 Maret 2021

Dispora Muratara Lakukan Seleksi-Penjaringan Paskibraka

 



MURATARA MSM.COM - Dinas Pemuda dan Olahhraga (Dispora), Kabupaten Musi Rawas Utara  melakukan penjaringan dan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2021.


Penjaringan dan seleksi yang diselenggarakan selama dua hari, Kamis - Jumat 25 hingga 26 Maret 2021 yang dipusatkan di Kantor Dispora Muratara. Untuk Paskibraka Kabupaten dan provinsi.


Kepala Dispora Erdius Lantang mengatakan, seleksi dan penjaringan ini dilakukan terhadap pelajar tingkat SLTA dari tujuh kecamatan di Kabupaten Muratara. 




Dia mengungkapkan, dalam seleksi dan penjaringan Paskibraka. Baik untuk tingkat provinsi maupun nasional, para siswa dari perwakilan Kecamatan dan kota harus memiliki kriteria yang sudah ditentukan.


"Seperti tinggi badan minimal 170 cm untuk putra, dan 160 cm putri, surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta bebas Narkoba" kata Erdius Lantang.


Selain mengikuti tes baris berbaris juga mengikuti tes lari, push up, sit up, dan shuttle run. Termasuk tes wawancara pengetahuan umum, kepaskibrakaan dan wawasannya seputar Muratara.


"Dalam melakukan penjaringan dan seleksi anggota Paskibraka ini melibatkan Dispora Provinsi Sumsel dan anggota TNI," tegasnya.


Di sisi lain Kabid Pengembangan Pemuda Supriyanto Mpd, menambahkan terdapat 70 peserta yang terpilihi dari setiap kecamatan dalam wilayah Muratara.


"Dari 70 peserta tersebut, akan terpilih 6 orang terbagi 3 perempuan dan 3 laki-laki, sebagai perwakilan Kabupaten Muratara untuk menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sumsel," jelas ia.


Dilanjutkanya, sementara 30 orang akan terpilih sebagai pasukan Paskibraka Kabupaten Muratara tahun 2021.yang nantinya akan dikarangtina untuk kembali mendapatkan pelatihan dan pembinaan mengenai Paskibraka.


Ditambahkanya, setelah dilakukan seleksi dan penjaringan Paskibraka, nantinya tidak ada yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. 


Karenanya, para anggota Paskibraka yang sudah terpilih harus memiliki komitmen mengikuti pelaksanaan Paskibrka sampai tuntas.


"Karena kalau ada anggota Paskibraka yang sudah terpilih, ditengah jalan mengundurkan diri. Tentu hal itu sangat mengganggu pelatihan karena harus mencari lagi penggantinya. Perwakilan setiap Kecamatan harus betul-betul memiliki komitmen mengikuti pelatihan Paskibraka sampai selesai," tutupnya. (MJ)


Share:

Postingan Populer

Arsip Blog