22 Maret 2021

Rawas Ulu Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

 



RAWAS ULU MSM.COM-Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara tahun 2021 resmi dibuka oleh Camat Rawas Ulu Abdul Kadir, Senin (22/3).


MTQ yang akan berlangsung selama tiga hari diselenggarakan melalui LPTQ Kecamatan Rawas Ulu. Dan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pembukaan MTQ sendiri berjalan dengan sukses.


Penyelenggaraan MTQ tahun ini mengangkat tema "Mari Kita Menciptakan Generasi Muda Kecamatan Rawas Ulu yang Cerdas, Bermoral, Bertaqwa serta Berahlakulkarimah". 



Pembukaan yang berlangsung di kantor Kecamatan, dihadiri jajaran pemerintah kecamatan Rawas Ulu dan Ketua LPTQ Teguh Sukron.


Usai membuka secara resmi,  Abdul Kadir menjelaskan bahwa MTQ tingkat kecamatan ini diikuti peserta perwakilan dari 16 desa ditambah satu kelurahan. Peserta merupakan utusan terbaik dari setiap desa dan kelurahan.


"Ini merupakan ajang seleksi untuk mencari yang terbaik. Dan akan kita kirim ke MTQ tingkat kabupaten Muratara yang akan dilaksanakan di Kecamatan Ulu Rawas sebagai tuan rumah penyelenggara pada 5 April mendatang" jelasnya.


Untuk itu, dirinya berharap peserta yang terpilih dalam MTQ tingkat kecamatan ini untuk mewakili kecamatan Rawas Ulu. Nantinya dapat meraih prestasi terbaik, sehingga mengharumkan nama kecamatan di tingkat kabupaten.


"Penyelanggaraan MTQ ditengah Covid-19. Kami lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti cuci tangan, memakai masker serta jaga jarak. MTQ ini digelar tidak secara besar besaran. Karena untuk menghindari keramaian dan kerumunan" papar Camat.


Saat ditanya target, Dia mengatakan jika tahun lalu Rawas Ulu meraih peringkat ketiga. Maka tahun ini target yang dipatok, Kecamatan Rawas Ulu diharapkan mampu meraih peringkat pertama.


Sementara itu, ditempat yang sama. Ketua penyelenggara Indra memaparkan, ada enam cabang yang dilombakan dalam penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan Rawas Ulu tahun ini. Masing - masing Tartil Quran, Tilawah anak - anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tilawah 2 juz, dan syarhil Quran.


"Ketentuannya satu desa maupun kelurahan hanya diperbolehkan mengirim satu peserta putra dan putri untuk setiap cabang yang dilombakan" jelasnya. (MJ)

Share: