05 April 2021

H Devi Suhartoni Buka MTQ Ke-VII Tingkat Kabupaten Muratara

 



MURATARA MSM.COM-Bupati Muratara H Devi Suhartoni, membuka secara resmi  Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke -VII tingkat Kabupaten Muratara, dihalaman kantor Kecamatan Ulu Rawas, Senin (5/4).


Kecamatan Ulu Rawas menjadi tuan rumah perhelatan MTQ ke-VII yang akan berlangsung selama lima hari, mulai 5 hingga 9 April 2021 mendatang. Pembukaan MTQ ke-VII ini berlangsung sukses.


Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Muratara H Innayatullah. Sekretaris Daerah Alwi Roham,  Polres Muratara , sejumlah anggota DPRD kabupaten Muratara, Kabag Kesra Yal Asri, ketua MUI, Kepala Kemenag Muratara,  kepala OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Camat dan Kepala Desa.


Kabag Kesra Yal Asri dalam laporannya menyampaikan,  tujuan digelarnya MTQ ini adalah untuk membudayakan masyarakat Muratara gemar membaca dan mengkaji isi kandungan Al-Quran serta  mengakplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.




"Selain itu, melalui MTQ yang ketujuh ini. Juga sebagai wadah dan ajang silahturahmi untuk mencapai Muratara yang berhidayah" ujarnya.


Dia memaparkan, peserta MTQ ini merupakan hasil seleksi ditingkat kecamatan. Dengan total peserta sebanyak 301 orang yang merupakan perwakilan dari tujuh kecamatan. Dengan rincian Kecamatan Rupit 58 orang, Karang Dapo  39 orang, dan Rawas Ulu 21 orang 


"Dari Kecamatan Karang Jaya 31 orang, Rawas Ilir 45 orang, Nibung 56 orang, dan Kecamatan Ulu Rawas sebanyak 51 orang. Cabang yang dilombakan yaitu Hifzil Quran, Tafsir Quran, Tilawatil Quran, Tartil Quran, Sahril Quran dan hafalan hadist" paparnya.




Bupati Muratara H Devi Suhartoni dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan MTQ merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan pemetintah daerah diseluruh wilayah Republik Indonesia. Seiring dengan itu, MTQ juga merupakan agenda rutin setiap tahun Pemkab Muratara dalam rangka menjaring para qori dan qoriah.


"Selanjutnya, akan mengikuti ajang MTQ atau STQ tingkat provinsi. Salah satu tujuan  Allah menurunkan kitab suci Al-Quran ke atas dunia ini sebagai, bacaan dan petunjuk jalan yang lurus serta pedoman bagi umat Islam dimuka bumi ini terutama bagi kabupaten Muratara" kata Bupati.


Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Muratara untuk menghidupkan rasa cinta dan nilai - nilai serta hikmah yang terkandung dalam Al-Quran. Bupati juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat sesuai dengan maksud dan tujuan acara yakni membuat masyarakat gemar membaca Al Qur'an, terutama bagi generasi muda saat ini.


"Kegiatan MTQ selain sebagai ajang tahunan dalam menseleksi Qori dan Qori'ah di Muratara, juga sebagai ajang pendidikan bagi warga Muratara, terutama generasi muda agar gemar membaca Qur'an" jelas Bupati. (MJ)


Share: