07 September 2021

Persiapkan Kemampuan Siswa SMAN Surulangun Gelar Simulasi ANBK

 



MURATARA MSM.COM – Satu bulan jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). SMAN Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara melakukan simulasi ANBK. 


Kepala SMAN Surulangun, Ali Gunawan mengatakan, untuk pelaksanaan ANBK nantinya pada Oktober 2021 mendatang. Selain SMAN Surulangun sendiri, ada dua sekolah lainnya yang akan melaksanakan ANBK di sekolah yang ia pimpin. 


"SMAN Surulangun ini akan menjadi tuan rumah. Dua sekolah yang akan menyelenggarakan ANBK di sini adalah SMPN Napallicin dan SMAN Muara Kulam Kecamatan Ulu Rawas" jelasnya, Selasa (7/9).


Dikatakannya lebih jauh, ANBK merupakan asesmen yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. ANBK ini untuk menguji kemampuan siswa menguasai bidang materi pembelajaran. 


Tidak hanya itu, ANBK yang merupakan program Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah. Dengan kata lain, untuk mengevaluasi lembaga sekolah. 


"Hari ini baru gladinya. Untuk gladi bersih nanti pada 17  18 September 2021. Sementara, pelaksanaan ANBK di bulan Oktober 2021. Kita harapkan ini akan berjalan lancar" tambahnya. 


Untuk pelaksanaan ANBK nanti, persiapan maksimal sudah dilakukan. Termasuk perangkat komputer, begitu juga dengan jaringan internet sudah sangat mencukupi untuk penyelenggaraan ANBK. 


"Perangkat komputer sudah disiapkan dari pihak sekolah. Tinggal siswa yang diharapkan benar  benar mampu menguasai bidang materi yang akan diujikan dalam ANBK" sambungnya. 


Untuk itu, dengan dilaksanakannya gladi ANBK ini. Dia mengharapkan siswa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sebab, tujuan gladi ini untuk mempersiapkan kemampuan siswa dalam menghadapi ANBK. (YAN)

Share: