17 November 2021

Pelaksanaan Di Hari Kedua, Disdukcapil Muratara Sukses Gelar Sosisalisasi Perundang – Undangan Kebijakan Administrasi Kependudukan

 


MURATARA MSM.COM – Pelaksanaan hari kedua, Sosialisasi Perundang – Undangan Kebijakan Administrasi Kependudukan yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muratara berjalan sukses. 


Kegiatan sosialisasi hari kedua, Kamis (17/11) di mulai pukul 09.00 WIB di aula Siti Rahma. Dengan peserta berasal dari Kasi Pelayanan Umum Kecamatan, dan Bidan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Muratara. 


Usai membuka sosialisasi di hari kedua, Kepala Disdukcapil Aan Andrian, S.STP sekaligus narasumber menyampaikan rasa terima kasih dengan kehadiran seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan sosialisasi. 


Dia menyebut, sosialisasi administrasi kependudukan ini sangat besar manfaatnya, terutama untuk bidan. Dengan sosialisasi ini, diharapkan nantinya para bidan dapat menjawab pertanyaan masyarakat terkait KK, KTP maupun akta kelahiran. 


“Dengan diselenggarakan sosialisasi ini. Harapan kami, ilmu yang diberikan oleh Disdukcapil Muratara, bisa berguna dan ditransfer kepada masyarakat” pesan Aan Andrian. 



Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Disdukcapil Muratara Riza Fahlevi, S.STP, dalam pemaparannya menjelaskan perundang – undangan dan peraturan yang berkaitan dengan pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). 


“Karena masih rendahnya minat masyarakat untuk membuat Akte dan KIA. Maka diadakan sosialisasi ini, dengan melibatkan bidang – bidan sebagai tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan” ujar Riza. 


Sebagai garda terdepan, sambung Riza, para bidan berhubungan langsung dengan masyarakat. Menolong proses persalinan, sehingga bidan mempunyai peran untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, pentingnya administrasi kependudukan. (MJ)

Share: