-->

IKLAN

IKLAN

Ribuan Pelajar Ikuti Peringatan Hari Pahlawan Abdul Kadir : Tanamkan Semangat Kepahlawanan

mediasinarmuratara
12 November 2019, 13:35 WIB Last Updated 2019-11-12T06:35:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



MURATARA MSM.COM-Ribuan pelajar tingkat SD, SMP/MTs,SMA/SMK sederajat dan ASN se Muratara mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019.


 Upacara yang berlangsung di lapangan sepak bola Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu, Minggu (10/11) berlangsung khidmat.



Upacara peringatan Hari Pahlawan digelar oleh Pemkab Muratara melalui Dinas Sosial. Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat. Sedangkan teks UUD 1945 dibacaka oleh Wakil Ketua II DPRD Muratara, Devi Ariyanto. Pesan - pesan pahlawan nasional dibacakan oleh Staf Dinas Sosial Kabupaten Muratara.


Peringatan hari pahlawan yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, dihadiri Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, Camat Rawas Ulu beserta staf kantor kecamatan, Abdul Kadir, Forkopimda, jajaran OPD, TNI/Polri, dan tamu undangan lainnya.




HM Syarif Hidayat yang menyampaikan amanat Menteri Sosial RI menyampaikan, bahwa momen peringatan Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa parah pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan RI.


"Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luas biasa dari para terdahulu negeri ini" kata Bupati.


Masih kata Bupati, semangat yang ditunjukkan para pahlawan, hendaknya diteruskan dan ditumbuh kembangkan oleh segenap warga negara Indonesia. Serta dapat menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.




"Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, katanya.
Selain itu, momen peringatan hari pahlawan dapat membangkitkan semangat berinovasi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.


Sebab, siapapun warga negara Indonesia dapat menjadi pahlawan masa kini dalam bentuk memperkuat keutuhan NKRI.
Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa.




Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. Tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional, tegasnya.


Usai upacara, Bupati Muratara menyerahkan santunan kepada janda pejuang kemerdekaan (veteran.Red) kabupaten Muratara. Selanjutnya, Bupati dan jajaran Forkompinda melakukan ziarah ke makam Pahlawan dan melakukan tabur bunga.




Camat Rawas Ulu, Abdul Kadir usai upacara menyampaikan, bahwa hari pahlawan merupakan milik bersama. Untuk itu ia mengharapkan generasi muda untuk menanamkan semangat kepahlawanan.


"Jadi, tanamkanlah rasa semangat. Kepahlawanan kita bukan lagi berjuang menggunakan senjata. Tetapi kita mengisi dengan kegiatan yang positif" ajaknya. (ZIL)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA