-->

IKLAN

Lakukan Pemetaan Potensi BumDes, DPMD Gelar Sosialisasi Teknologi Tepat Guna

01 April 2022, 19:00 WIB Last Updated 2022-04-03T15:13:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Hj Gusti Rohmani menyampaikan laporan di Sosialisasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek


MURATARA MSM.COM – Pemkab Muratara, melalui Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD). Melakukan sosialisasi teknologi tepat guna dan Posyantek, di aula Siti Rahma, Jumat (1/4/2022).

 

Sosialisasi diperuntukkan bagi desa – desa yang ada di Bumi Beselang Serundingan. Menghadirkan narasumber berasal dari pemerhati teknologi DPMD Provinsi Sumatera Selatan. Diikuti Camat dan Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya.

 

Kepala DPMD Gusti Rohami, dalam laporannya mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemetaan potensi – potensi teknologi sederhana, yang dihasilkan diruang lingkup BumDes.

 

Jika potensi telah terdata secara valid, tahun 2023 akan dimunculkan dalam gelaran even teknologi tepat guna tingkat Kabupaten Muratara. 

Peserta Sosialisasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek di aula Siti Rahma Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit


Diakuinya, selama ini, telah melakukan pendataan dan pemetaan terhadap produk serta inovasi sederhana yang dihasilkan setiap wilayah. Namun, semakin kedepan, sejalan dengan visi – misi Bupati – Wakil Bupati, agar dapat memberdayakan masyarakat Desa.

 

“Maka, kita harus benar – benar concern. Supaya potensi yang dihasilkan dapat dimunculkan sekaligus dipasarkan. Untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini, kita juga merangkul pihak swasta ikut serta dalam pengembangan produk inovasi sederhana yang dihasilkan pengrajin. Agar menjadi pendongkrak perekonomian desa” katanya.

 

Bupati Muratara H Devi Suhartoni, melalui Asisten I H Alfirmansyah mengapresiasi terlaksananya sosialisasi. Melalui sosialisasi ini, menjad wadah bagi masyarakat dalam memperkenalkan hasil kerajinan yang telah mereka buat.

 

“Produk mereka mungkin selama ini tidak kita ketahui. Selama ini, memang sudah ada beberapa daerah yang telah menghasilkan produk lahan dan produk lainnya. Namun, kita harus benar – benar mendukung sampai bisa menghasilkan” kata Alfirmansyah.

 

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Muratara, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan DPMD. Dia mengharapkan, semua OPD terkait saling bersinergi, dan kedepan akan terus dipantau hingga dapat berjalan dan menghasilkan. (David/MJ)

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA