-->

IKLAN

IKLAN

Modus Penipuan Undangan Gigital, Awas Jangan Asal Klik. Ini Cara Menghindarinya !

mediasinarmuratara
05 Februari 2023, 12:42 WIB Last Updated 2023-02-05T05:53:24Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Modus penipuan undangan digital atau undangan elektronik, awas jangan asal klik tautan yang dikirimkan berupa berkas APK. Ini cara menghindari penipuan undangan digital



MEDIASINARMURATARA.COM – Undangan pernikahan digital, yang mulai ngetren sejak masa pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, memang memudahkan bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

 

Selain dapat menghemat biaya, undangan digital cepat sampai ke kerabat dan teman dekat hanya melalui aplikasi perpesanan, dalam hitungan detik undangan sudah diterima.


BACA JUGA : 

 

Namun, Penipuan dengan modus pengiriman undangan pernikahan digital, dengan berkas Android Package Kit (APK) lewat Whatsapp yang terjadi akhir – akhir  ini, perlu diwaspadai.

 

Modus yang digunakan, biasanya berkas APK undangan digital dikirimkan lewat Whatsapp. Jika berkas APK diakses, maka penjahat dapat dengan leluasan mengakses SMS dihandphone korban.  

 

Tidak hanya itu, penipu yang mengirimkan berkas APK dapat mengakses token SMS-banking di handpohone penerima yang mengakses berkas APK yang dikirimkan.  


Disadur dari BSSN, cara kerja dari modus kejahatan siber ini, jika berkas APK diklik, maka akan meminta akses untuk melakukan aktivitas baca SMS atau MMS.

 

Modus Penipuan

 

Disadur dari rilisan resmi BSSN, cara kerja dari modus kejahatan siber ini, dengan meminta akses ketika berkas APK diklik.

 

1.  Baca SMS atau MMS

Jika berkas APK diklik,maka akan meminta akses untuk melakukan aktivitas baca SMS atau MMS. Jika diizinkan maka SMS yang tersimpan di HP atau kartu SIM akan dapat dibaca oleh aktor jahat.

 

2.  Terima SMS

Korban biasanya diminta  melakukan aktivitas Terima SMS. Jika diizinkan maka aktor jahat dapat memonitor dan atau menghapus pesan tanpa sepengetahuan korban.

 

3.  Kirim SMS

Korban selanjutnya diminta untuk melakukan  aktivitas Kirim SMS. Jika diizinkan maka aktor jahat dapat mengirimkan SMS berbayar tanpa perlu melakuan konfirmasi terlebih dahulu kepada korban.

 

 

Nah, ketika seluruh permintaan saat penginstalan aplikasi di android korban. Maka penipu memiliki kemungkinan mengakses riwayat informasi SMS-Banking, seperti kode pin dari riwayat SMS yang tidak dihapus oleh korban.

 

Cara Menghindari

 

Agar terhindar dari penipuan dengan modus mengirimkan undangan pernikahan digital dengan berkas APK, disarankan tidak asal membuka tautan, biasakan mengunduh aplikasi dari sumber aplikasi resmi, seperti Playstore atau iOS App Store.

 

Selain itu, selalu teliti dalam memberikan izin akses terhadap aplikasi yang diinstal di handpohone. Tak kalah penting, tingkatkan keamanan gadget dengan memperbaharui sistem, aplikasi, firmware, dan web broser secara berkala.

 

Penulis : A.Majid

Editor : Tim Redaksi

baca berita lainnya di google news


Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA