Senin, 25 Februari 2019

Gelar Lomba Cerita Tingkat SD/MI. #Kembangkan Bakat Literasi Yang Tersembunyi Pada Anak-Anak



MURATARA MSM.COM - Guna meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah menggelar lomba Cerita tingkat Kabupaten.

Lomba yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB berlangsung dihalaman belakang kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (25/2). Hadir Bupati Muratara HM Syarif Hidayat melalui Asisten III Sudartoni, para Kepala OPD, peserta lomba dan guru pembimbing.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Hj Herawati MM menyampaikan, tujuan digelarnya lomba cerita untuk mengembangkan bakat literasi yang tersembunyi pada anak - anak. Dimana dalam hal mengenal cerita dan budaya kabupaten yang kaya dengan cerita dan dongeng - dongeng masa lalu untuk dikembangkan dan diperkenalkan di kancah nasional.

Dijelaskannya, pemenang dari lomba cerita ini masing - masing akan mendapatkan uang, tropy dan piagam. Dimana untuk juara 1 sebesar Rp. 3 juta, Juara Rp. 2,5 juta dan juara 3 Rp. 2 juta. Sementara juara harapan 1 menerima Rp. 1,5 juta, harapan 2 Rp. 1 juta dan harapan 3 menerima Rp. 5 ratus ribu.

"Bagi juara 1, akan diikutsertakan pada lomba cerita tingkat provinsi pada April 2019 mendatang dan akan berlanjut ke tingkat nasional jika menang di tingkat provinsi" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat melalui Asisten III Sudartoni memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menyelenggarakan kegiatan seperti ini.

"Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, banyak pemikiran yang muncul dengan banyak membaca buku. Untuk diketahui bahwa dari cerita dan sejarahlah akan banyak bermunculan ide - ide brilian" kata Sudartoni.

Ia berharap, pada saatinya nanti anak - anak di Bumi Beselang Serundingan akan menjadi generasi yang kuat. Untuk itu, ceritakanlah kepada anak - anak sesuatu yang objektif berdasarkan analisis yang jelas, dan berilah ilmu yang bermanfaat. (MJ)
Share:

Postingan Populer

Arsip Blog