-->

IKLAN

IKLAN

Pemkab Muratara Akan Gelar Shalat Istisqa "Pelaksanaan Shalat di Lapangan Muara Rupit

mediasinarmuratara
21 Agustus 2019, 17:07 WIB Last Updated 2019-08-21T10:07:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


MURATARA MSM.COM - Pemkab Muratara akan menggelar shalat Istiqso atau shalat meminta hujan. Hal itu menyusul kemarau panjang yang melanda wilayah Indonesia, khususnya di Bumi Beselang Serundingan.


Seperti diketahui, akibat musim kemarau panjang. Disebagian wilayah Indonesia telah memicu terjadinya kebakaran. Untuk menanggulangi hal itu tak terjadi, Pemkab Muratara melalui Kesra bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama akan menggelar shalat Istisqa.

Rencana ini disampaikan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Asisten 2 Suharto Pati dan Kabag Kesra bersama Kemenag Muratara, yang dihadiri oleh Forkopimda dan OPT terkait di ruang Bina Praja, Kantor Pemkab Muratara, Rabu (21/8).

Usai memimpin rakor, Suharto Pati mengungkapkan, shalat istisqo digelar untuk memohon kepada sang Pencipta agar segera menurunkan hujan. Ia menyebut, shalat istisqo akan digelar pada minggu depan.

"Jika tidak ada halangan, shalat Istisqa akan kita adakan pada Kamis 29 Agustus nanti. Bertempat di lapangan Kelurahan Muara Rupit" jelas Suharto Pati. Ditambahkannya, shalat istisqa akan diikuti seluruh jajaran Pemkab Muratara, Forkopimda, OPD dan masyarakat umum.

"Ini kegiatan tingkat kabupaten. Nanti undangannya kita sebarkan secepatnya ke seluruh kecamatan di Kabupaten Muratara. Semoga nanti bisa berjalan lancar" harapnya.

Ia menghimbau, kepada seluruh Camat se Kabupaten Muratara agar mengajak masyarakat untuk mengikuti shalat istisqa.

Kepala Kantor Kementerian Agama, H Ikhsan Baijuri menyebut, pelaksanaan shalat Istisqo di Makkah biasanya dilakukan di Masjidil haram. Jika diluar Makkah, dilakukan di lapangan.

"Kalau dilapangan itu tempatnya terbuka dan para jamaah disunnahkan membawa hewan ternak. Tetapi itu tak mesti. Dan hari ini kita sepakat (shalat istisqa) tidak dilakukan dimasjid melainkan di lapangan terbuka" jelasnya.


Agar pelaksanaan shalat istisqa lebih afdol, sambungnya, hendaknya dilaksanakan sesuai sunnah yakni kepada peserta dianjurkan untuk berpuasa selama 1 hari sebelum pelaksanaan sholat istisqa. Sunnah lainnya, mengenakan baju putih, sorban atau kain, dan membawa hewan ternak. (MJ)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA