05 November 2021

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H. Pemkab Muratara Gelar Tabligh Akbar dan Zikir

 



MURATARA MSM.COM – Tabligh Akbar dan Zikir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammmad SAW 1443 H, di gelar Pemkab Musi Rawas Utara di Masjid At-Taqwa Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Kamis (4/11).


Kegiatan dengan tema “Dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H Sebagai Momentum Memperbaiki Diri dan Meneladani Nabi Perilaku Rasulullah SAW Menuju Citra Muratara Berhidayah”. Disambut antusias oleh masyarakat Muratara. 


Masyarakat dari 7 kecamatan turut hadir dan memeriahkan Tabligh Akbar dan Zikir peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebelum kegiatan dimulai, ibu – ibu dari majelis taklim melantunkan salawat nabi. 



Maulid Nabi Muhammad SAW yang diisi dengan tausiah dari Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah didampingi KH. Muhammad Miftahuddhuha (Gus Dhuha) selaku President Syekhermania. Dihadiri Bupati – Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni – H Innayatullah.


Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Camat, jajaran Forkompimda dan seluruh Kepala Desa di Bumi Beselang Serundingan. 


Dalam sambutannya, Bupati Muratara mengajak semua pihak meningkatkan kebersamaan, kerukunan, serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama. Khususnya seluruh ASN di Muratara untuk menuju Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.


“Jika makna yang paling mendasar, dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, adalah untuk mengevaluasi, sejauh mana uswatun hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW, dapat diteladani dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari – hari” kata Bupati.


Bupati menambahkan, sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya, baik dalam tataran ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan iman dan taqwa.


Sementara, dalam tausiahnya Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah mengingatkan, untuk senantiasa bersyukur dengan nikmat yang telah Allah SWT berikan. Dengan selalu bersyukur, maka hati akan selalu merasa bahagia.


“Karena tidak ada bahagia tanpa kita bisa mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dan tidak ada di dunia ini yang diciptakan Allah tanpa ada manfaatnya. Maka dari itu, kita sudah seharusnya selalu mensyukuri apapun nikmat yang di berikan oleh Allah SWT” katanya.


Salah satu akhlak terbaik Nabi Muhammad SAW adalah peduli pada lingkungan sekitar. Nabi bersabda siapa yang melepas kesusahan saudaranya, maka Allah akan melepas kesusahannya nanti pada hari kiamat.


Semangat kepedulian terhadap sesama sesama yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW harus menjadi semangat sebagai bangsa di masa pandemi. Karena pandemi tidak bisa dihadapi secara individual oleh orang per orang atau pun pemerintah saja.


“Sebagai orang yang beriman kepada Allah, tentu saja masyarakat harus mengambil hikmah dari setiap kejadian. Karena meyakini setiap kejadian dan ciptaan Allah pasti ada hikmahnya tidak ada yang sia-sia” tambah Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah. (MJ)

Share: