-->

IKLAN

IKLAN

Kemdikbud Keluarkan Aturan Baru Pakaian Seragam SD, SMP dan SMK

mediasinarmuratara
11 Oktober 2022, 09:07 WIB Last Updated 2022-10-11T02:07:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Ilustrasi : Peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) mengenakan seragam sekolah (Sumber gambar : Pixabay)


MEDIASINARMURATARA.COM–Kemdikbud menerbitkan aturan baru soal pakaian seragam peserta didik, jenjang SD, SMP, dan SMK.

 

Aturan tentang seragam sekolah, tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

 

Dalam Peraturan tersebut, tujuan pengaturan pakaian seragam sekolah tertuang pada pasal 2, yaitu untuk menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme, kebersamaan serta memperkuat kesadaran diantara peserta didik.


BACA JUGA : 

5 Hp Jadul Penuh Kenangan dan Fitur yang Tersemat Didalamnya

 

Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik, meningkatkan kesetaraan tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orang tua atau wali peserta didik, serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab peserta didik.

 

Pada pasal 3 ayat 1 disebutkan, jenis pakaian seragam sekolah terdiri dari pakaian seragam nasional dan pakaian seragam pramuka. Pasal 3 ayat 2, dijelaskan sekolah dapat mengatur pakaian seragam khas.

 

Sementara pada pasal 4 dijelaskan, selain pakaian seragam sekolah dan pakaian seragam khas sekolah, Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik pada sekolah.

 

Aturan warna pakaian seragam dijelaskan pada pasal 5 ayat 1, Peserta Didik SD/SDLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

 

Peserta Didik SMP/SMPLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.


BACA JUGA : 

Terpaksa Hujan – hujanan? Ini Tips Sehat Setelah Kehujanan

 

Peserta Didik SMA/SMALB/SMK/SMKLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

 

Pemberlakuan pengunaan pakaian seragam peserta didik dijelaskan pada pasal 10. Ayat 1 menjelaskan Pakaian Seragam Nasional digunakan Peserta Didik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

 

Ayat 2 Pakaian Seragam Pramuka dan Pakaian Seragam Khas Sekolah digunakan Peserta Didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing Sekolah. Dan ayat 3 dijelaskan bahwa Pakaian adat digunakan Peserta Didik pada hari atau acara adat tertentu.

 

Pasal 11 ayat 1 dan 2 dijelaskan, Penggunaan Pakaian Seragam Nasional pada hari pelaksanaan upacara bendera harus dilengkapi dengan atribut. Atribut berupa topi pet dan dasi sesuai warna Pakaian Seragam Nasional masing-masing jenjang Sekolah, dan bagian depan topi menggunakan logo Tut Wuri Handayani.

 

 

Penulis : A.Majid

Editor : Redaksi

Sumber : JDIH Kemdikbud

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA