-->

IKLAN

IKLAN

Pembinaan Kemandirian, 40 WBP Lapas Kelas III Surulangun Rawas Ikut Pelatihan

mediasinarmuratara
07 Februari 2023, 19:44 WIB Last Updated 2023-02-07T12:44:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Pembunaan pelatihan pengelasan dan barista kepada Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Surulangun Rawas


 

MURATARAMSM.COM – Selama dua pekan, mulai Senin (6/2/2023) warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Surulangun Rawas, Kabupaten Muratara, mengikuti pelatihan.

 

Pelatihan yang berlangsung selama 12 hari kerja, terdiri dari pelatihan pengelasan dan barista. Pelatihan ini merupakan salah satu wujud pembinaan kemandirian bagi narapidana di Lapas Surulangun Rawas.

 

Pelatihan diikuti 40 warga binaan dan dibuka Kepala Lapas Torkis Fredy Siregar, pada Senin (6/2/2023) di aula Lapas Kelas III Surulangun Rawas. Pembukaan pelatihan ini, bertepatan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama.

 

Penandantangan perjanjian kerjasama itu, dilakukan Lapas Kelas III Surulangun Rawas dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kota Lubuklinggau, tentang pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).


BACA JUGA : 

 

UPTD BLK Disnakertrans Lubuklinggau Tamri mengatakan, program pelatihan kepada WBP ini dilaksanakan, untuk meningkatkan keterampilan dan produtivitas WBP Lapas Surulangun Rawas, saat kembali ketengah masyarakat nanti.

 

“Harapan kami, semoga program pelatihan ini berkelanjutan dan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga, setelah selesai menjalani hukumannya, WPB dapat langsung berwirausaha ataupun bekerja” kata Tamri.

 

Menurut Tamri, untuk trainer atau pelatih pihaknya bekerja sama dengan pihak usahawan yang menggeluti bidang pengelasan dan barista. Karena pelatihan ini berbasis masyarakat.


BACA JUGA : 

 

“BLK bertugas memberikan kurikulum dan silabus, monitoring evaluasi dan pendampingan ketika pelaksanaan pelatihan” katanya.

 

Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas Torkis Fredy Siregar mengatakan, pelatihan kepada WBP merupakan wujud pembinaan kemandirian bagi narapidana di Lapas Kelas III Surulangun Rawas.

 

“Salah satunya pelatihan pengelasan dan barista. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM narapidana, menjadi SDM yang unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikat” ujarnya.

 

Ia mengaku senang dengan sinergi dan dukungan yang terjalin untuk pembinaan bagi WBP di Lapas Kelas III Surulangun Rawas ini. Dia mengharapkan, pelatihan yang diberikan berguna bagi WBP dan dapat terlaksana secara berkelanjutan.

 

“Saya ucapkan terimakasih untuk Pemerintah Daerah Kota Lubuklinggau khususnya UPTD BLK dinaskertran Lubuklinggau atas dukungan dan sinergitasnya dalam hal pembinaan untuk Warga Binaan Lapas Surulangun Rawas, dan diharapkan Kerjasama ini dapat terus berkesinambungan,” pungkasnya.

 

Jurnalis : David

baca berita lainnya di google news

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA