-->

IKLAN

IKLAN

Awal Puasa 1444 H Masih Menunggu Sidang Isbat. Ini Tahapannya !

mediasinarmuratara
19 Maret 2023, 14:02 WIB Last Updated 2023-03-19T07:03:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Awal puasa Ramadhan 1444 H masih menunggu sidang isbat yang akan dilaksanakan pada Rabu 22 Maret 2023

 


 

 

MEDIASINARMURATARA.COM – Awal puasa Ramadhan 1444 H tahun ini, masih menunggu sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) RI.

 

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama, akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal ramadhan 1444 H, pada Rabu (22/3/2023).

 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan, sidang isbat awal Ramadhan dilaksanakan setiap 29 Syakban.

 

“Seperti biasa, sidang isbat Awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu 22 Maret 2023” ungkapnya Rabu (8/3/2023) lalu, seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

 

Adib mengatakan, rangkaian sidang isbat Awal Ramadhan tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya, digelar secara hybrid. “Atau gabungan antara daring dan luring” imbuhnya.

 

Dia menjelaskan, pelaksanakan rangkaian sidang isbat tidak hanya melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama saja.

 

Tetapi, juga mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan lainnya.

 

Tahapan Sidang Isbat

 

Tahap Pertama : Pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H, berdasarkan hasil hibah atau perhitungan astronomi.

 

Tahap Kedua : Pelaksanaan sidang Isbat penetapan Awal Ramadhan 1444 H, berdasarkan data hisab, dan merujuk pada hasil rukyat hilal dari 123 lokasi di seluruh Indonesia.  

 

Tahap Ketiga : Tahapan ini menjadi tahapan terakhir, dimana merupakan telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya.  

 

Penulis : A.Majid

 baca berita lainnya di google news

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA