-->

IKLAN

IKLAN

Peringatan Harlah Pancasila di SMAN Rupit. Momen Jadikan Peserta Didik Berprofil Pancasila

mediasinarmuratara
01 Juni 2023, 12:33 WIB Last Updated 2023-06-02T05:46:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman sekolah SMAN Rupit yang diikuti antusias oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI


 

 

MURATARA MSM.COM – Peringatan Hari Lahir Pancasila, di SMAN Rupit Kabupaten Muratara, diperingati secara khidmat, di halaman sekolah SMAN Rupit, Kamis pagi (1/6/2023).

 

Upacara peringatan Harlah Pancasila ini, diikuti Kepsek SMAN Rupit Jamal Nasor dan seluruh dewan guru. Siswa SMAN Rupit dari kelas X dan XI, tampak antusias mengikuti jalannya peringatan Harlah Pancasila.


BACA JUGA :

 

Usai upacara, Kepala SMAN Rupit Jamal Nasor melalui guru Pembina Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Musbahul Munir, menjelaskan tujuan peringatan Harlah Pancasila.

 

“Peringatan Harlah Pancasila ini, menjadi momen pengingat, pemacu sekaligus menanamkan nilai –nilai Pancasila. Kemudian mengaktualisasikan dalam kehidupan” terangnya.


Kepala Sekolah dan dewan guru SMAN Rupit mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman SMAN Rupit


 

Peringatan Harlah Pancasila ini juga, kata Musbahul Munir, merupakan perwujudan untuk memberikan kesempatan peserta didik mengenal lebih jauh tentang Pancasila.

 

Dan juga menjadikan peserta didik berprofil Pancasila, dengan 6 nilai seperti yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.


BACA JUGA :

 

Keenam nilai tersebut, pertama beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Kedua mandiri, dimana nilai mandiri ini adalah kunci penting untuk menjalani kehidupan termasuk di masa depan.

 

“Ketiga bergotong royong, setiap siswa diharapkan mampu melakukan kegiatan bersama dengan orang lain secara sukarela dan ikhlas, sehingga bisa berjalan lancar dan hasilnya baik” jelasnya.


Kepala Sekolah dan dewan guru SMAN Rupit mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman SMAN Rupit

 

Nilai keempat berkebhinekaan Global, artinya setiap pelajar memang harus memegang teguh dan melestarikan nilai serta budaya bangsanya. Tetapi juga harus mampu bersikap terbuka terhadap budaya bangsa lain.


Kemudian nilai kelima bernalar kritis. Nilai ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan global dimasa depan. Kemampuan bernalar kritis ini, harus mampu dikembangkan oleh pelajar agar mampu mengambil keputusan terbaik dengan tepat.


Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman sekolah SMAN Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara



 

Nilai keenam kreatif, dimana peserta didik harus memiliki kreativitas untuk bisa menemukan berbagai karya inovatif, tidak hanya terbatas pada ide saja, melainkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan orang banyak.

 

“Peringatan Harlah Pancasila bukan hanya sekedar kegiatan seremonial saja, tetapi diharapkan pelajar dapat memaknai nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila. Setelah itu diaplikasikan dikehidupan, baik di sekolah maupun ditengah masyarakat” harapnya.

 

Jurnalis : A.Majid

baca berita lainnya di google news

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA