-->

IKLAN

IKLAN

Tingkatkan Kompetensi Operator Dapodik TK/PAUD, Diknas Muratara Selenggarakan Bimtek

mediasinarmuratara
07 Maret 2024, 19:46 WIB Last Updated 2024-03-07T13:00:04Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi operator Data Pokok Pendikan (Dapodik) di SMPN 1 Rupit yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara


 

 

MURATARA MSM.COM -  Aplikasi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik, terus mengalami perkembangan. Operator Dapodik dituntut untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilannya.

 

Untuk menigkatkan kemampuan penggunaan aplikasi Dapodik, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Muratara menyelenggarakan Bimbingan Teknis atau Bimtek peningkatan kompetensi operator Dapodik disatuan pendidikan TK/PAUD.

 

Bimtek tersebut dibuka Bupati Muratara H Devi Suhartoni, melalui staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Suhardiman, di SMPN 1 Rupit, Kecamatan Rupit, Kamis 7 Maret 2024.


BACA JUGA : 

 

Diikuti seluruh operator Dapodik dari satuan pendidikan TK/PAUD negeri dan swasta di Kabupaten Muratara. Dengan narasumber Farhan, dari Direktorat Jenderal Pendidian Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen).

 

“Satu hal yang penting didalam pendidikan ialah data pendidikan. Data itu meliputi data siswa dan guru, serta data sarana prasarana” kata Kepala Disdik Muratara Zazili diwakili Kabid PAUD dan PNF Lindawati.


Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi operator Data Pokok Pendikan (Dapodik) di SMPN 1 Rupit yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara


 

Data – data tersebut, kata Dia, harus valid dan akurat. Sehingga pemerintah pusat dan daerah bisa mengambil kebijakan terkait peningatan kualitas pendidikan. Database Dapodik sendiri dikelola langsung oleh Kemdikbud Ristek.

 

Aplikasi yang memuat data penting, mulai dari data guru, peserta didik, hingga substansi pendidikan ini pun terus mengalami perkembangan. Selain itu, harus melakukan pemutakhiran secara berkala.


BACA JUGA : 

 

“Bimtek ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan operator, dalam menggunakan aplikasi Dapodik, khususnya untuk jenjang pendidikan PAUD” tandas Lindawati.

 

Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Suhardiman mengatakan, bimtek peningkatan kompetensi operator Dapodik TK/PAUD, merupakan bagian dari tujuan besar meningkatkan kualitas pendidikan.

 

“Peningkatan kualitas pendidikan ini melalui kevalidan data pokok pendidikan. Diharapkan bimtek ini menghasilkan operator yang berkompeten dalam penggunaan dapodik” kata Suhardiman.  

 

Jurnalis : A.Majid

baca berita lainnya di google news 

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA